Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kemendagri Optimistis Sumedang Mampu Adopsi Best Pratices Digital Services Finlandia

Delegasi Benchmarking Digital Services Pemda Kabupaten Sumedang ke Finlandia diyakini mampu adopsi best pratices Finlandia.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 28 November 2022  |  19:57 WIB
Kemendagri Optimistis Sumedang Mampu Adopsi Best Pratices Digital Services Finlandia
Delegasi Benchmarking Digital Services Pemda Kabupaten Sumedang ke Finlandia yang dipimpin Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (ketiga kiri)
Bagikan

Bisnis.com, SUMEDANG - Delegasi Benchmarking Digital Services Pemda Kabupaten Sumedang ke Finlandia diyakini mampu adopsi best pratices Finlandia.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri RI Safrizal ZA saat Focus Group Discussion (FGD) di Helsinki.

"Kemendagri banyak memasilitasi daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk studi ke luar negeri, tetapi sedikit sekali yang menindaklanjuti hasilnya. Padahal seharusnya hasil studi ke luar negeri tersebut akan menjadi pembeda daerah tersebut dengan daerah lainnya. Saya yakin Sumedang berbeda," ungkap Safrizal dalam rilis yang diterima Bisnis, Senin (28/11/2022).

Untuk itu, ia meminta agar Sumedang memanfaatkan kegiatan benchmarking untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas digital services dengan mengadopsi best practices di Finlandia.

"Saya optimis Sumedang mampu mengadopsi perubahan paradigma digital services, dari reaktif ke proaktif sebagaimana dikembangkan oleh Kota Helsinki," ucapnya.

Menurut Safrizal, yang paling berat adalah merubah budaya atau kebiasaan aparatur dan masyarakat untuk berkinerja berkelanjutan. Tidak terpengaruh oleh pergantian kepemimpinan.

"Artinya harus kerja keras, serta integritas dan dedikasi harus menjadi iklim dan budaya kerja aparatur dan masyarakatnya. Sumedang saat ini telah menjadi inspirasi bagi daerah lain, sehingga harus terus memacu diri agar tidak malah tertinggal oleh daerah lain yg menirunya," tuturnya.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang memimpin delegasi benchmarking Pemda Kabupaten Sumedang ke Finlandia, memastikan pihaknya akan menindaklanjuti kegiatan benchmarking ini.

"Kami pastikan best practices di Finlandia, khususnya dalam digital services dan pendidikan, akan diadopsi, diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kebuturhan dan kearifan Sumedang," kata Bupati Dony.

Dijelaskan bahwa saat ini delegasi benchmarking Pemda Kabupaten Sumedang tengah menyiapkan grand design dan peta jalan Sumedang Beyond Public Services.

"Kegiatan benchmarking ini bukan formalitas. Sebagaimana harapan dan optimisme Pak Dirjen, Sumedang akan melakukan continuous improvement serta terus menjadi role model dan inspirasi bagi kabupaten/kota lainnya. Untuk itu, paradigma beyond public services sebagaimana dicontohkan Kota Helsinki, akan segera dieksekusi," ungkap Dony. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang Dony Ahmad Munir
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top