Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siapkan Generasi Emas, Siswa di Tasikmalaya Ikuti GALAXII Fest

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara adidaya, maka Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat mulai memetakan tantangan tersebut.
GALAXII Fest
GALAXII Fest

Bisnis.com, TASIKMALAYA - Sektor pendidikan memiliki tantangan besar untuk mencetak talenta muda berbakat, berpengalaman serta berpengetahuan luas menuju Generasi Emas 2045.

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara adidaya, maka Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat mulai memetakan tantangan tersebut. Seperti dilakukan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah XII Jawa Barat yang berkomitmen turut andil dalam merealisasikan Generasi Indonesia Emas 2045.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah XII Jabar Abur Mustikawanto mengatakan pihaknya memiliki sejumlah kiat agar dapat berkontribusi mencetak generasi unggul. Yang pertama, sangat penting meningkatkan semangat dan terus menggali potensi siswa/i. Di mana kelak mereka diharapkan dapat menjadi SDM unggul berkualitas di berbagai bidang.

Hanya saja, tiga tahun Covid-19 menerpa Indonesia menyumbat kreatifitas dan prestasi siswa di berbagai bidang. Pasalnya, semua pergerakan yang berhubungan dengan mengumpulkan massa dibatasi, termasuk dalam kegiatan belajar mengajar.

"Selama Covid-19 tidak ada interaksi antar siswa baik yang satu sekolah atau bahkan berbeda sekolah," ujar Abur.

Karena itu, ketika Pandemi Covid-19 mulai landai dan seiring menuju endemi, pihaknya langsung tancap gas melakukan sebuah gebrakan yang dapat meningkatkan kembali semangat siswa. Upaya mengembalikan kreativitas dan semangat siswa itu salah satunya melalui Gelaran multi event bernama GALAXII Fest yang telah digelar pada 26-27 Oktober 2022 lalu.

Kegiatan yang menggabungkan kompetisi perhelatan seni dan olahraga tersebut digelar sebagai upaya Cadisdik Wilayah XII Jabar untuk mewadahi siswa bertalenta, khususnya yang duduk di bangku SMA, SMK dan SLB.

“Saya berpikir bahwa untuk mengembalikan semangat siswa harus diberikan ruang kreativitas dan kompetisi salah satunya dengan GALAXII Fest,” kata dia.

Tujuan KCD XII menggelar GALAXII Fest ini adalah menggali potensi siswa baik dari akademi, seni dan olahraga. Terlebih siswa yang berasal dari Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya ini dikenal memiliki prestasi yang baik mulai di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

GALAXII Fest ini akan menjadi agenda tahunan dari Cadisdik Wilayah XII Jabar untuk sementara ini hanya beberapa olahraga dan seni yang diperlombakan namun tahun depan akan digelar lebih besar lagi.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan GALAXII Fest ini adalah inovasi yang sangat baik dilakukan oleh Cabang Dinas Pendidikan. Pasalnya mengajak dan melibatkan seluruh siswa dan sekolah secara langsung untuk berkreasi mengeluarkan potensinya.

“Saya mengapresiasi langkah dari Cabang Dinas Pendidikan XII karena gelaran pontesi siswa lebih terarah dan terukur,” kata dia.

Bahkan hal serupa bisa dilakukan di semua Cabang Dinas Pendidik di Jawa Barat yang kemudian siswa-siswa terbaik ini dilombakan lagi di tingkat provinsi.

"Disdik Jabar secara rutin menggelar kegiatan yang berhubungan dengan meningkatkan kreativitas anak didik sesuai dengan potensinya," katanya.

Menurut Dedi, menyambut Indonesia emas yang digadang-gadang akan terjadi pada 2045 mendatang, maka pembentukan SDM yang unggul dari segala bidang harus dilakukan sejak sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler