Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Luncurkan Calendar of Event 2023, 10 Acara Besar Bakal Disajikan di Kota Bandung

Ada 78 event pendukung dan 10 Event top event sebagai wajah sektor pariwisata Bandung yang diharapkan mampu menggenjot ekonomi daerah.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 09 November 2022  |  13:15 WIB
Luncurkan Calendar of Event 2023, 10 Acara Besar Bakal Disajikan di Kota Bandung
Masjid Raya Jawa Barat di Kota Bandung, salah satu kawasan ikonik yang menjadi daya tarik wisatawan. - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung telah resmi meluncurkan Bandung Calendar of Event 2023.

Pada Calendar of Event (COE) 2023 Kota Bandung ada 78 event pendukung dan 10 Event top event sebagai wajah sektor pariwisata Bandung yang diharapkan mampu menggenjot ekonomi daerah.

Selain itu, juga untuk mempromosikan daya tarik pariwisata Kota Bandung sepanjang tahun 2023 ini.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan penyelenggaraan event merupakan langkah penting untuk memulihkan ekonomi daerah di masa pandemi.

"Tahun 2023 menawarkan banyak harapan bagi industri pariwisata. Karena ada kecenderungan pandemi Covid-19 semakin menurun, kegiatan ekonomi mulai bangkit, pertumbuhan ekonomi lokal, regional, dan nasional diprediksi semakin membaik," kata Yana, dikutip Rabu (9/11/2022).

Yana mengatakan, upaya peningkatan geliat pariwisata bukannya tanpa kendala, karena suasana krisis global berpotensi mengurangi kunjungan wisatawan asing.

Namun Yana optimistis Calendar of Event 2023 bisa menjadi alternatif bagi wisatawan dari negara-negara yang tidak terlalu terpengaruh resesi global seperti di Indonesia.

"Persoalannya adalah bagaimana memaksimalkan potensi ini untuk meningkatkan industri pariwisata melalui Calendar of Event 2023," ujarnya.

Yana berharap Calendar of Event 2023 dapat menggali potensi lokal dan memberikan manfaat bagi masyarakat, kesan dan pengalaman yang terbaik bagi wisatawan, dan dapat menentukan target dan sasaran pengunjung yang jelas.

"Saya yakin ekonomi masyarakat dapat tumbuh signifikan. Event yang ada akan dapat menggerakkan perekonomian mulai dari masyarakat terkecil. Seperti pedagang kaki lima, warung kelontong, hingga bisnis kelas menengah ke atas seperti restoran, perhotelan dan transportasi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Arief Syaifudin mengaku telah mengurasi atau pemilihan event sejak beberapa bulan lalu.

Menurut Arief, event yang telah dipilih merupakan event yang telah dilaksanakan oleh unsur pemerintah, mitra pariwisata, dan komunitas.

Ia menyebut event yang telah dipilih siap menerapkan protokol kesehatan covid 19 dan PPKM level 1.

"Kota Bandung siap menyuguhkan event di tahun 2023. Kami juga siap membuat paket wisata untuk menyukseskan event di tahun 2023," katanya.

Berikut Top 10 Event di Kota Bandung Tahun 2023:
1. Playlist Love Festival, Februari 2023
2. Now Playing Festival, Maret 2023
3. Festival Bakso Juara, Maret 2023
4. Trade Mark Market Festival, April 2023
5. Asia Africa Festival, Mei 2023
6. Bandung Art Mounth, Agustus 2023
7. Bandung Great Sale, September 2023
8. Bandung Angklung Festival, Oktober 2023
9. The Papandayan Festival, Oktober 2023
10. Kickfest, November 2023. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung wisata jabar
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top