Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ancaman Resesi 2023, Jabar Siapkan Langkah Antisipasi

Kadisperindag Jabar Iendra Sofyan mengatakan ancaman resesi yang kerap disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani harus dipahami sebagai peringatan.
Ilustrasi resesi ekonomi global 2023/Freepik
Ilustrasi resesi ekonomi global 2023/Freepik

Bisnis.com, BANDUNG--Ancaman resesi ekonomi pada 2023 mulai diantisipasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat lewat rencana aksi dan penguatan program.

Kadisperindag Jabar Iendra Sofyan mengatakan ancaman resesi yang kerap disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani harus dipahami sebagai peringatan.

"Isu resesi itu peringatan awal, akan terjadi kalau kita tidak melakukan antisipasi A,B,C,D," katanya dalam diskusi bersama media dan mahasiswa di Bandung, Selasa (17/10/2022).

Menurutnya langkah antisipasi sudah dipersiapkan pemerintah pusat, juga pemerintah provinsi. Iendra memastikan langkah mitigasi sudah dimiliki. "Kita berkaca pada pengalaman mengendalikan pandemi Covid-19," tuturnya.

Penguatan potensi lokal dinilai Iendra akan menjadi tameng menghadapi isu resesi. Potensi tersebut antara lain mengoptimalkan potensi sumber daya alam, menguatkan industri besar dan industri kecil menengah (IKM).

"Pada saat pandemi, kita lebih banyak mendorong IKM untuk melek digital. Sekarang dua sektor ini akan didorong bersamaan. Terutama memacu IKM untuk ekspor," ujarnya.

Saat ini 98,8 persen ekspor Jawa Barat masih didominasi oleh sektor manufaktur besar. Sementara IKM dan ekonomi kreatif masih di bawah 2 persen. "Kita upayakan angka ini naek di atas 2 persen secara reguler. Terlebih ada potensi ekonomi kreatif yang menyumbang kontribusi 11 persen ke ekonomi Jawa Barat," paparnya.

Ekonomi Jawa Barat pada triwulan II 2022 tumbuh positif sebesar 5,68 persen (yoy) meningkat dibandingkan Triwulan II 2022 yang tumbuh sebesar 5,61 persen (yoy). Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan didorong oleh konsumsi rumah tangga dan ekspor.

Di sisi lain, selain resesi ekonomi, penguatan IKM juga mengantisipasi ancaman krisis pangan. Pihaknya kini tengah memulai untuk meningkatkan kapasitas usaha dengan mematangkan konsep 1A (Administrasi) dan 4K (kualitas, kuantitas, kontinyuitas dan kemasan).

Iendra mengatakan melalui prinsip 1A dan 4K ini memang dibutuhkan kolaborasi terintegrasi antar sektor, seperti Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten/Kota hingga asosiasi.

Pasalnya, menurut Iendra sumber daya alam (SDA) sangat potensial untuk dioptimalkan. "Dalam rangka meningkatkan atau memanfaatkan SDA di Jawa Barat yang cukup potensial, yang belum tergali secara maksimal, baik yang sifatnya bahan baku ataupun yang mendapatkan nilai tambah," katanya.

Disperindag Jabar sendiri sepanjang 2022 ini sudah melakukan akselerasi sejumlah program guna mendongkrak laju perdagangan dan industri. Sejumlah program unggulan seperti Pasar Juara lewat revitalisasi pasar saat ini sudah mencapai 19 pasar rakyat dari target 25 pasar hingga 2023 mendatang.

Sementara untuk pasar rakyat ber-SNI dari target 10 pasar kini sudah mencapai 8 pasar. Sisa target menurutnya akan dikebut hingga akhir 2022 atau awal 2023.

Disperindag Jabar juga mendorong potensi besar ekonomi kreatif dengan membangun pasar kreatif di Kota Bandung. “Pak Gubernur Ridwan Kamil mendorong ekraf lewat creative center dan pasar kreatif sekarang pasar kreatif sudah memasuki tahap kedua pembangunan,” tuturnya.

Di program Logistik Juara, Disperindag Jabar memastikan pembangunan Pusat Distribusi Provinsi (PDP) yang berlokasi di Purwakarta sudah memasuki sepertiga tahap pembangunan dan akan segera diresmikan dalam waktu dekat.

“PDP ini untuk mengefektifkan distribusi produk bahan pokok (konsumsi) sekaligus menjamin ketersediaan bahan pokok dan barang penting di Provinsi Jawa Barat. Kami merencanakan bisa membangun dua PDP, satu di Purwakarta, satu lagi di Tasikmalaya. PDP juga bisa menjamin hasil produksi petani,” tuturnya.

Terakhir, program Industri Juara difokuskan pada pengembangan Kawasan baru dilakukan sebagai upaya pemerataan pembangunan. Kawasan Rebana di utara difokuskan untuk pengembangan industri yang dapat dijadikan rantai pasok bagi Kawasan Bodebekkapur.

“Saat ini ada 3 tiga kawasan industri dalam proses pembangunan yakni Subang Smartpolitan (PT Surya Cipta), PT Taifa Industri dan Kawasan Industrial Estate Majalengka (KIEM) PT Dwipapuri Abadi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper