Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kedelai Naik, Disperindag Jabar Cegah Produsen Tahu Tempe Mogok

Disperindag Jawa Barat terus berkoordinasi dengan Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia (Kopti) terkait naiknya harga tahu dan tempe.
Kepala Disperindag Jawa Barat Iendra Sofyan pada acara diskusi bersama media dan mahasiswa di Bandung, Selasa (17/10/2022).
Kepala Disperindag Jawa Barat Iendra Sofyan pada acara diskusi bersama media dan mahasiswa di Bandung, Selasa (17/10/2022).

Bisnis.com, BANDUNG--Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Jawa Barat terus berkoordinasi dengan Koperasi Produsen Tempe dan Tahu Indonesia (Kopti) terkait naiknya harga tahu dan tempe di wilayah Bandung Raya.

Kepala Disperindag Jawa Barat Iendra Sofyan mengatakan dari hasil koordinasi dengan Kopti bisa mencegah rencana mogok para produsen tahu tempe.

"Mogok tidak jadi, rencananya pengusaha tahu tempe memilih untuk menaikkan harga, awalnya akan mengurangi ukuran," katanya pada acara diskusi bersama media dan mahasiswa di Bandung, Selasa (17/10/2022).

Menurutnya selama ini pogram penanganan komoditas kedelai di Indonesia sudah dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Bulog.

Ia menuturkan berdasarkan data Bulog, sampai tanggal 12 Oktober 2022, dari 17 kabupate/kota yang diberi subsidi kedelai sebesar Rp1.000 per kilogramnya, Provinsi Jabar menempati urutan pertama.

"Jabar paling besar (alokasi subsidi kedelai dari pusat) yakni 30,36 juta kg. Paling besar kedua Jatim, yakni 11,7 juta kg, dan Jateng ketiga sebanyak 10, 7 juta kg. Realisasi sampai 12 Oktober 2022 total realisasi sudah 32 juta (untuk Jabar) sudah melebihi," paparnya.

Persoalan ini juga seperti biasa terjadi karena 90 persen bahan baku tahu tempe yakni kedelai berasal dari luar negeri.

Menurut dia, dari Kementerian Pertanian terus berupaya untuk mendorong petani menanam kedelai, tetapi hasil kurang optimal.

"Menurut kadis pertanian di sejumlah daerah, para petani kurang tertarik. Sudah mencoba karena untungnya tidak besar. Yang kedua, mungkin dipengaruhi hasil produk yang tidak sebagus dari luar negeri," kata dia.

Pihaknya menambahkan pengendalian harga kedelai juga turut dilakukan dengan rencana menerapkan skema menggunakan mata uang lokal atau Local Currency Settlement (LCS) yang dikembangkan oleh BI.

"(LCS) ini dikembangkan BI, dan dikerjasamakan dengan sejumlah negara seperti Jepang, China, Hong Kong bahkan Thailand. Sehingga jika terjadi perdagangan luar negeri, kita gunakan mata uangnya itu negara yang dikerjasamakan, tidak tergantung dolar. Kan sekarang dolar naik semuanya ikut naik. Nah, LCS yang akan kita dorong untuk Indonesia," pungkasnya.

Sebelumnya pengusaha pabrik tahu di Sentra Produksi Cibuntu menaikkan harga tahu dari Rp50.000 menjadi Rp60.000 per papan serta tempe dari Rp12.000 menjadi Rp13.000 per kilogram imbas dari kenaikan harga kacang kedelai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper