Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bupati Dony Minta Pemuda Sumedang Bisa Hadapi 3 Tantangan Disrupsi Ini

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meminta generasi muda bisa menjadi solusi pada permasalahan ekonomi yang mungkin akan terjadi 2023 mendatang.
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir

Bisnis.com, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meminta generasi muda bisa menjadi solusi pada permasalahan ekonomi yang mungkin akan terjadi 2023 mendatang.

Menurut Dony, sejumlah pengamat telah memprediksi bahwa pada tahun 2023 dunia bakal dihadapkan pada resesi ekonomi.

Oleh karena itu, bupati meminta kepada para generasi muda Sumedang untuk bersiap dan tetap percaya diri untuk menghadapi tantangan zaman ini.

"Tahun 2023 nanti APBN akan ada pada posisi waspada. Belum lagi pasca pandemi akan ada perubahan iklim yang akan berdampak pada ketahanan pangan. Ditambah konflik Rusia dengan Ukraina yang akan berdampak pada kerawanan pangan dan energi," kata bupati, dikutip Senin (10/10/2022).

Menurutnya, ada tiga tantangan generasi muda saat ini, yakni pandemi distruption, milenial distruption, dan digital distruption.

"Untuk menghadapi tantangan itu para generasi muda harus meningkatkan kompetensinya, kemampuan dan keahlian juga kapasitas SDM. Caranya dengan masuk dan bergabung dengan berbagai organisasi serta mengikuti kegiatan-kegiatan yang akan menambah ilmu pengetahuan kita," katanya.

Bupati Dony, selaku Penasehat Generasi Muda Pembangunan Indonesia (GMPI) Sumedang ini menyampaikan arti penting berpolitik sebagai sesuatu upaya untuk memilih pemimpin. Ia mengatakan, berpolitik adalah memilih pemimpin yang akan membuat kebijakan untuk rakyat.

"Jika pemimpinnya baik, maka akan menghasilkan kebijakan yang baik bagi rakyatnya, begitu pun sebaliknya. Maka kembali kepada pemilihnya karena kita akan menitipkan masa depan kita untuk diberikan kebijakan yang baik," ujarnya.

Termasuk, sambung Dony, dalam hal ini penguatan lingkungan organisasi, para generasi muda dapat tumbuh dewasa untuk mempersiapkan mental.

"Berada pada organisasi akan dilatih, dididik, diasah kepemimpinannya dan diarahkan untuk kedepannya," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper