Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Di Balik Nyamannya Pelayanan KAI, Ada Petugas yang Siap Melayani

Berbicara tentang pelayanan tentu tak bisa dipisahkan dari para petugas yang menjadi garda depan. Para petugas inilah yang menjadi wajah pelayanan kereta api.
Ajijah
Ajijah - Bisnis.com 22 September 2022  |  19:14 WIB
Di Balik Nyamannya Pelayanan KAI, Ada Petugas yang Siap Melayani
Seorang prami menyapa penumpang di dalam gerbong kereta api. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Dari tahun ke tahun, moda transportasi kereta api selalu menjadi primadona dan andalan bagi sebagian besar masyarakat untuk melakukan kegiatan. Untuk itu PT KAI (Persero) selaku penyedia jasa terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.

Berbicara tentang pelayanan tentu tak bisa dipisahkan dari para petugas yang menjadi garda depan. Para petugas inilah yang menjadi wajah pelayanan kereta api, baik di stasiun maupun di kereta. Siapa saja mereka? Berikut penjelasannya.

1. PKD (Petugas Keamanan Dalam)
PKD memiliki tanggung jawab atas keamanan stasiun. Seorang PKD bertugas untuk mengontrol kondisi stasiun. Mereka juga mempunyai kewajiban memberikan pelayanan kepada penumpang yakni memberikan informasi yang akurat bila penumpang bertanya. Oleh karena itu, seorang PKD juga dibekali dengan pengetahuan seputar fasilitas di stasiun dan jadwal keberangkatan kereta api.

2. Customer Service on Station (CSOS)
CSOS memiliki tugas untuk memberikan layanan informasi dan menangani keluhan pelanggan di stasiun. CSOS harus memiliki jiwa melayani yang tinggi, cepat tanggap, dan mengerti kebutuhan pelanggan. Jika kamu membutuhkan informasi terkait layanan, program-program KAI, keluhan, saran, serta kritik, kamu dapat menemui petugas CSOS.

3. Porter
Meski porter bekerja di lingkungan stasiun kereta api, jasa porter tidak dikelola langsung oleh KAI. Status pekerjaan porter di stasiun adalah freelance atau pekerja lepas yang dikoordinasikan oleh seorang ketua.

4. Petugas Boarding
Petugas boarding bertugas mengecek identitas penumpang dan berkas syarat perjalanan lainnya saat akan naik kereta api.

5. Prama dan Prami
Prami dan prama atau pramugari atau pramugara kereta api, bisa ditemui saat penumpang hendak naik kereta dan selama perjalanan. Mereka bertugas menyambut para pelanggan yang akan masuk ke dalam kereta, menyajikan makanan dan minuman selama perjalanan, dan membagikan fasilitas seperti masker dan selimut untuk pelanggan.

6. Polsuska
Polsuska memiliki tanggung jawab yang besar, di antaranya menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja baik di kereta api, stasiun, objek-objek vital milik KAI, jalur, dan aset-aset KAI. Polsuska juga membantu kondektur dalam menangani permasalahan keamanan dan ketertiban di kereta api, seperti mengingatkan jika ada pelanggan yang berada di bordes dan memintanya untuk kembali ke kabin penumpang, memastikan tidak ada pelanggan yang melanggar aturan atau melakukan hal yang dapat mengganggu penumpang lain selama dalam perjalanan.

7. Kondektur
Selama melakukan perjalanan dengan kereta api, pastinya pelanggan sering berpapasan dengan sosok yang ramah dan selalu tersenyum bukan? Ya, sosok tersebut adalah kondektur kereta api yang biasa menyapa dan mengecek tiket pelanggan. Dalam melaksanakan tugasnya, seorang kondektur harus mampu berinteraksi dengan pelanggan termasuk untuk menerima masukan maupun keluhan. Kondektur juga memiliki wewenang untuk menyelesaikan keluhan pelanggan saat dalam perjalanan kereta api.

8. On Trip Cleaning
Petugas On Trip Cleaning yang selanjutnya disebut Petugas OTC adalah Petugas yang bertanggung jawab terhadap kebersihan kereta api dan menjaga fasilitas/peralatan dalam kereta maupun di toilet kereta api selama dalam perjalanan.

9. Teknisi Kereta Api
Dalam setiap perjalanan kereta api, ada satu petugas yang tugasnya untuk menjamin keamanan perjalananmu, dengan menjaga keandalan sarana kereta yang kamu naiki. Adalah Teknis Kereta Api (TKA), petugas yang mengoperasikan dan melakukan perbaikan ringan terhadap fasilitas kereta api. Tugas panjang seorang TKA dimulai dari sebelum rangkaian kereta api dilangsir di peron stasiun sampai dengan di stasiun tujuan dan saat terjadi peristiwa luar biasa hebat.

Pada saat kereta api berjalan, beberapa tugas TKA adalah mengontrol kondisi kereta seperti genset, lampu, dan pendingin udara. TKA juga bertanggungjawab melakukan perbaikan jika terjadi kondisi rusak ringan pada rangkaian kereta. Jika selama perjalanan kamu ada keluhan terkait AC kurang dingin, reclining seat tidak berfungsi dengan semestinya, atau perbaikan-perbaikan kecil lainnya, kamu bisa meminta bantuan kepada TKA yang bertugas.

"Segala pengorbanan dan jerih payah seluruh insan KAI ini kami dedikasikan kepada pelanggan. Kami berharap dapat menarik animo masyarakat untuk tetap setia menggunakan jasa transportasi kereta api sebagai pilihan utamanya, yuk naik kereta api," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top