Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bikin Nyaman! Yuk Intip Beragam Fasilitas yang Ada di Stasiun Kereta Api

PT KAI (Persero) kian memanjakan para penumpang kereta api dengan menghadirkan berbagai fasilitas di stasiun sehingga membuat nyaman pelanggan.
Ajijah
Ajijah - Bisnis.com 15 September 2022  |  18:09 WIB
Bikin Nyaman! Yuk Intip Beragam Fasilitas yang Ada di Stasiun Kereta Api
KAI menghadirkan berbagai fasilitas di stasiun sehingga membuat nyaman pelanggan selama saat berada dan menunggu jadwal keberangkatan kereta. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - PT KAI (Persero) kian memanjakan para penumpang kereta api dengan menghadirkan berbagai fasilitas di stasiun sehingga membuat nyaman pelanggan selama saat berada dan menunggu jadwal keberangkatan kereta.

Lalu, seperti apa fasilitas yang disediakan tersebut? Berikut ini daftarnya:

1. Customer Service on Station
Petugas Customer Service on Station (CSOS) akan menerima dan membantu menangani berbagai keluhan dan pertanyaan di stasiun. Jika keluhan bisa diselesaikan oleh petugas CSOS, maka kasus akan ditutup/selesai. Berbeda jika keluhan memerlukan penanganan lebih lanjut, maka petugas CSOS akan meneruskan laporan keluhan atau pertanyaan pelanggan ke tim Customer Relation Contact Center 121 melalui aplikasi Customer Relation Management dengan status keluhan terbuka.

Tim Contact Center 121 juga siap memberikan layanan untuk menjawab berbagai pertanyaan dan keluhan yang disampaikan agar pengalaman naik kereta api semakin menyenangkan.

2. Layanan Kesehatan
Fasilitas stasiun yang bisa didapatkan jika menjadi penumpang kereta api adalah disediakannya pelayanan kesehatan. Terkait luka, entah itu kecil maupun serius tentu membutuhkan penanganan yang cepat serta tepat. Alih-alih mencari obat di apotek luar stasiun atau langsung mendatangi rumah sakit, pertolongan pertama bisa didapatkan di pelayanan kesehatan ini.

3. Lost and Found
KAI memberikan layanan Lost and Found bagi pelanggan yang mengalami kehilangan barang, maupun tertinggal saat di lingkungan stasiun ataupun saat perjalanan dengan kereta api. Pelanggan dapat melaporkan barang yang hilang tersebut kepada petugas yang ada di stasiun, ataupun kondektur yang sedang berdinas di dalam kereta api, serta dapat melalui Contact Center KAI 121.

4. Toilet Bersih
KAI menyediakan toilet yang bersih dan nyaman sebagai bentuk pelayanan KAI sampai ke hal yang detil demi menjaga kepuasan pelanggan. Petugas pun secara rutin melakukan pembersihan dan pemeriksaan secara mobile setiap harinya untuk memastikan area toilet tetap bersih, kering (tidak licin), wangi, dan tidak ada genangan air.

5. Ruang Menyusui
KAI juga telah menyediakan ruang menyusui bagi ibu yang membawa bayi atau balita di stasiun. Penyediaan ruangan ini untuk memberikan privasi bagi ibu saat menyusui. Sampai Agustus 2022, KAI memiliki 118 ruang menyusui yang tersebar di stasiun Pulau Jawa dan Sumatra. Fasilitas yang ada di ruangan ini termasuk lengkap, seperti sofa, lemari, wastafel, dan pendingin udara yang akan memberikan udara sejuk bagi bayi dan balita.

6. Masjid/Musala
Bagi umat muslim, ibadah lima waktu menjadi kewajiban yang harus dilakukan setiap hari. KAI menyediakan masjid/musala di area stasiun kereta api agar seluruh pelanggan dan masyarakat sekitar dapat melaksanakan ibadah salat dengan nyaman dan tenang.

“Berbagai fasilitas ini kami sediakan sebagai wujud komitmen KAI untuk terus adaptif memenuhi kebutuhan pelanggan yang makin tinggi. Kami berharap minat masyarakat menggunakan kereta api semakin meningkat, sehingga pada akhirnya dapat mengurangi beban jalan raya dan menjadi salah satu solusi mengurai kemacetan akibat penggunaan kendaraan pribadi,” ungkap VP PR KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Kamis (15/9/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top