Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Buruh Pabrik Rokok di Kabupaten Cirebon Diguyur BLT dari DBHCHT

Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih mengatakan BLT dari DBHCHT tersebut diberikan kepada buruh pabrik rokok yang ada di Kabupaten Cirebon.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 22 September 2022  |  11:25 WIB
Buruh Pabrik Rokok di Kabupaten Cirebon Diguyur BLT dari DBHCHT
Ilustrasi - Antara
Bagikan

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon menganggarkan Rp1,4 miliar dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) untuk bantuan langsung tunai (BLT).

Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih mengatakan BLT dari DBHCHT tersebut diberikan kepada buruh pabrik rokok yang ada di Kabupaten Cirebon.

Menurut wakil bupati yang akrab disapa Ayu ini, bantuan diberikan lantaran kondisi perekonomian para buruh turun dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Tahun lalu, tingkat perekonomian turun akibat pandemi covid-19. Tetapi sekarang, akibat kenaikan harga BBM," kata Ayu saat ditemui PT Sinar Grage Jaya, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Kamis (22/9/2022).

Tahun 2022 ini, Kabupaten Cirebon mendapatkan DBHCHT sebesar Rp5 miliar.

Cukai dari tembakau ini mempunyai peran penting untuk pembangunan di daerah Semakin besar pendapatan yang berhasil dihimpun, maka pembangunan bakal lebih optimal.

Ayu mengatakan, pengusaha yang ada di Kabupaten Cirebon diminta untuk tidak melupakan kewajiban membayar pajak serta tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).

Selain itu, kepada masyarakat di Kabupaten Cirebon agar membeli rokok yang menggunakan pita cukai legal. "Semakin tingginya pembelian, maka DBHCHT tiap tahunnya bisa terus meningkat," katanya.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon Iis Krisnandar mengatakan ribuan buruh yang mendapatkan BLT dari DBHCHT ini berasal dari empat perusahaan pabrik rokok di Kabupaten Cirebon.

Masing-masing, kata Iis, mendapatkan BLT sebesar Rp600.000. Bantuan tersebut rencananya bakal diberikan setiap tahunnya kepada buruh pabrik rokok.

"Bulan ini bantuan langsung cair ke masing-masing rekening penerima. Mudah-mudahan tidak ada halangan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon blt
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top