Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keluhan Jalan Rusak Banjiri Instagram Bupati Sumedang, Perbaikan Langsung Digencarkan

Dony hampir selalu membalas satu per satu komentar mengenai usulan perbaikan jalan yang dikeluhkan warganya.
Pengaduan dan laporan mengenai jalan yang rusak masih membanjiri kolom komentar pada akun Instagram Bupati Sumedang @donyahmad.munir.
Pengaduan dan laporan mengenai jalan yang rusak masih membanjiri kolom komentar pada akun Instagram Bupati Sumedang @donyahmad.munir.

Bisnis.com, SUMEDANG - Pengaduan dan laporan mengenai jalan yang rusak masih membanjiri kolom komentar pada akun Instagram Bupati Sumedang @donyahmad.munir.

Orang nomor satu di Sumedang ini hampir selalu membalas satu per satu komentar mengenai usulan perbaikan jalan yang dikeluhkan warganya.

Sebagaimana pada postingan mengenai perbaikan jalan di kawasan kota yang sudah dimulai pada Kamis malam (8/9/2022), dimana Dinas PUTR Kabupaten Sumedang menghotmiks ruas Jalan Tampomas - Sebelas April.

"Perbaikan jalan sesuai agenda Tahun 2022 mulai dilakukan. Selain ruas Jalan Tampomas - Sebelas April, perbaikan jalan di kawasan perkotaan juga dilakukan di jalan lainnya," tulis Bupati Dony Ahmad Munir pada keterangan video.

Pada postingan yang lain, tanggal 3 September 2022, Bupati juga memposting perbaikan Ruas Jalan Sumedang - Sindang Taman, segmen Desa Jatimulya Kecamatan Sumedang Utara yang balas akibat gerakan tanah.

Dalam kolom komentarnya, Bupati Dony menanggapi banyak keluhan warga yang meminta ruas jalan di lingkungannya turut diperbaiki.

"Jalan Prabu Geusan Ulun diperbaiki Tahun 2022 ini. Jalan Mekarjaya - Margamukti di Blok Sayuran juga diperbaiki tahun ini. Begitu juga ruas Jalan Gunung puyuh - Nangorak dan Coloa
- Haurlawang," katanya.

Selain ruas jalan di perkotaan, Bupati juga menerangkan bahwa di beberapa daerah di kecamatan pun sudah dianggarkan perbaikan jalan untuk Tahun 2022.

"Jalan Cibubut - Cibugel, Cisoka - Cibubut, dan Darmaraja Cibugel semua diperbaiki pada Tahun 2022, Warung ketan - Cicau menuju kawasan Wisata Jatigede pun ada perbaikan Tahun 2022, termasuk Jalan Pasirpadang - Ganjarresik dan Jalan Cimungkal - Kirisik yang menghubungkan Kecamatan Jatinunggal dan Kecamatan Wado," katanya.

Dikatakan Bupati, ruas jalan Pasirpadang - Ganjarresik di kaki Gunung Cakrabuana terlebih dahulu sedang dibangun saluran drainasenya untuk kemudian dihotmiks.

"Jalan Cimungkal Wado - Kirisik Jatinunggal sekarang dilanjutkan pengerjaannya dengan anggaran Rp. 3 miliar," kata Bupati.

Mengenai perbaikan Jalan Sumedang - Wado, Bupati menyebutkan bahwa kewenangannya ada di Pemerintah Provinsi Jawa Barat karena ruas jalan tersebut termasuk Jalan Provinsi.

"Pemda Sumedang sudah berkoordinasi dan melaporkan kondisi jalan tersebut. Bahkan di beberapa titik sudah terluhat ada pengerjaan," ujarnya.

Bupati menambahkan, ruas Jalan Legok - Sumedang masih digunakan distribusi logistik proyek Tol Cisumdawu dan sudah diajukan menjadi jalan nasional karena merupakan akses ke gerbang tol.

"Setiap tahun Jalan Kabupaten yang total panjangnya 800 Km lebih diperbaiki secara bertahap. Yang tidak bisa tahun sekarang akan diperbaiki tahun berikutnya," kata Dony. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper