Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HUT ke-77 Jabar: Lautan Warga di Gedung Sate Bikin Cemas

Animo warga mengikuti rangkaian acara HUT ke-77 Jabar sungguh luar biasa. Sayangnya, protokol kesehatan sulit diharapkan tegak di tengah lautan manusia.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 19 Agustus 2022  |  16:48 WIB
HUT ke-77 Jabar: Lautan Warga di Gedung Sate Bikin Cemas
Animo warga mengikuti rangkaian acara HUT ke/77 Jabar.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Animo warga mengikuti rangkaian acara HUT ke-77 Jabar sungguh luar biasa. Sayangnya, protokol kesehatan sulit diharapkan tegak di tengah lautan manusia.

Yang menjadi pemancing warga berduyun-duyun hadir adalah puluhan stan menyajikan makanan dan jajajan bagi masyarakat yang datang. Sebanyak 77.700 porsi makanan dan jajanan disajikan dan dapat dinikmati secara gratis.

Euis, warga Tanjungsari Sumedang mengaku datang bersama suaminya Fajar untuk mendapatkan banyak kudapan gratis. "Berangkat dari Tanjungsari habis jumatan, pas datang ke sini sudah padat," katanya.

Menurutnya dia harus antri dan berdesak-desakan dengan warga lain untuk mendapatkan makan siang gratis. "Alhamdulillah kebagian makan nasi jamblang, suami juga antri baso," ujarnya.

Mengaku senang bisa hadir di Gedung Sate, Euis ikut cemas juga. Pasalnya banyak warga tak bermasker dalam kerumunan acara. "Khawatir iya, mudah-mudahan sehat saja kan Covid-19 mau beres," ujarnya.

Komar, warga Cibiru mengaku dia datang ke Gedung Sate karena banyaknya stan makanan gratis. Namun dia bersama dua orang anaknya urung menjajal kuliner karena begitu banyaknya warga.

"Serem ah, anak saya masih kecil-kecil antriannya panjang. Mending cari stan yang sepi, banyak juga yang nggak pakai masker," katanya.

Covid-19 memang masih jadi ancaman di Jawa Barat. Data terbaru hingga 18 Agustus 2022 pukul 17.00 WIB, penambahan kasus baru di Jabar mencapai 676. Pasien yang sembuh mencapai 982. Saat ini total kasus aktif di Jabar mencapai 16.889.

Serba 77 di Perayaan HUT Jabar ke-77

Staf Ahli Gubernur Jawa Barat Siska Gerfianti HUT ke-77 Provinsi Jawa Barat menjadi momentum yang dirayakan berbagai kalangan masyarakat di Jawa Barat, yakni mulai lomba, konser, sampai bagi-bagi kuliner gratis akan digelar di berbagai titik di Jabar.

Siska menuturkan tidak hanya dimeriahkan di ibu kota Jawa Barat yakni Kota Bandung, HUT Jabar kali ini dapat dirasakan di 27 kabupaten dan kota sampai pelosok desa di Jabar.

"Untuk tahun ini lebih gagap gempita, setelah dua tahun pandemi. Arahan Pak Gubernur Jabar agar perayaan ini harus meriah dan bisa dirasakan sampai desa. Kami juga membuat rancangan biar semua masyarakat ikut serta kegiatan ini," katanya.

Menurutnya kegiatan ini bukan hanya diselenggarakan di berbagai organisasi perangkat daerah Pemprov Jawa Barat namun melibatkan semua kota dan kabupaten, termasuk 37 cabang Bank BJB, 17 KCD Pendidikan Jabar, dan 34 Samsat.

Selain itu, ada kegiatan lomba ekspresikan 77-mu, bisa diikuti semua warga dengan berbagai ekspresi karya nerjumlah 77, seperti 77 foto selfie atau 77 foto makanan.

Kemudian ada Jabar Fashion Walk sampai Dance Tiktok Chalange. Masing-masing jenis lomba berhadiah total Rp77 juta.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Pemprov Jawa Barat Wahyu Mijaya mengatakan seperti biasa upacara resmi peringatan HUT Jawa Barat akan diselenggarakan di Lapangan Gasibu pada 19 Agustus dan dhadiri Forkopimda Jabar, tokoh masyarakat, sampai pelajar.

"Jadi akan ada prosesi tiga budaya Jabar yakni Betawi, Cirebonan, Sunda. Kemudian akan ada 77 tumpeng setinggi 7,7 meter dan akan dibagikan kepada masyarakat," katanya.

Kemudian akan ada 77 jenis kuliner sebanyak 77.777 porsi yang akan dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top