Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Over Capacity, Lapas Sumedang Bakal Direlokasi

Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sumedang berencana merelokasi Lapas Kelas II B Sumedang.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SUMEDANG - Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang dan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sumedang berencana merelokasi Lapas Kelas II B Sumedang sehubungan jumlah penghuni yang over capacity atau kelebihan kapasitas.

Kepala Lapas Kelas II B Sumedang Imam Sapto menyampaikan, kapasitas Lapas Sumedang sebenarnya diperuntukkan hanya menampung 100 orang. Sedangkan saat ini total warga binaan di Lapas Sumedang mencapai 251orang.

"Kapasitas Lapas kami untuk 100 orang, sekarang dihuni 251 orang, empat diantaranya wanita dengan berbagai macam perkara. Kami punya 21 kamar, besar dan kecil. Satu kamar harusnya 7 orang, sekarang kami isi 15 orang. sehingga itu memang sudah tidak layak dan manusiawi," ujarnya.

Imam menyebutkan, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan sinergi agar Lapas Sumedang bisa segera direlokasi ke tempat yang lebih baik sehingga pembinaan bisa lebih optimal.

"Kami akan berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah setempat agar relokasi bisa terealisasi dan pembinaan bisa lebih optimal," kata Imam.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengatakan, pihaknya akan langsung merespon laporan 'over capacity' di Lapas Sumedang dengan menyiapkan lahan untuk relokasi Lapas Sumedang di Margalaksana.

"Lapas Kelas II B Sumedang saat ini kondisinya susah sangat tidak layak dan tidak manusiawi. Seharusnya maksimal 100 kini dihuni 251 orang. Ini sudah 'over capacity'. Saya berharap kita bisa segera wujudkan relokasi sehingga memberikan kenyamanan baik petugas Lapas maupu warga binaan," ungkapnya.

Wabup menargetkan, relokasi Lapas akan ditempuh secepatnya dan dikawal agar terealisasi sebelum masa kepemimpinannya berakhir.

"Insyaallah akan kita tempuh secepatnya Kita kawal. Tinggal peran aktif dari Pemkab Sumedang dan Kanwil Kemenkumham supaya secepatnya merelokasi Lapas ini," tuturnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper