Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petani Temukan Padi Varietas Baru, Pemkab Cirebon Siap Bantu Keluarkan Hak Paten

Bupati Cirebon Imron Rosyadi menyebutkan siap mengakomodir para petani di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang mampu melahirkan inovasi di bidang pertanian.
Bupati Cirebon Imron Rosyadi
Bupati Cirebon Imron Rosyadi

Bisnis.com, CIREBON - Bupati Cirebon Imron Rosyadi menyebutkan siap mengakomodir para petani di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang mampu melahirkan inovasi di bidang pertanian.

Imron menambahkan, setiap warga yang mampu melahirkan inovasi harus didukung oleh pemerintah, dalam hal ini Dinas Pertanian (Distan).

"Misalnya membutuhkan untuk mendapatkan hak paten, kami siap bantu," kata Imron saat ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon, Selasa (16/8/2022).

Selain itu, kata Imron, dukungan untuk inovator pertanian di Kabupaten Cirebon, hasil temuannya tersebut nanti bakal dicoba di lahan milik pemerintah daerah.

Menurut Imron, Pemerintah Kabupaten Cirebon memiliki ratusan hektare lahan yang tersebar di seluruh wilayah.

"Kalau hasilnya bagus, ini juga bakal menguntungkan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Cirebon. Saya berharap inovasi baru terus muncul," kata Imron.

Usman Efendi, petani di Desa Tegalsari, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, berhasil menemukan padi varietas baru. Padi tersebut merupakan kawin silang antara varietas Ciherang Mantap dengan Inpari 32.

Ditemui di lahan pertaniannya yang berada di Jalan Nyi Gede Cangkring, Kecamatan Plered, Minggu (14/8/2022), Usman menyebutkan rencana kawin silang dua benih padi tersebut sudah dilakukannya sejak lima tahun lalu.

Namun, proses panjang itu baru membuahkan hasil pada 2022 dan segera panen dalam waktu dekat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper