Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harapan Ridwan Kamil Gerbong Kereta Cepat Didesain Megamendung Terwujud

Satu yang membuat dirinya sumringah adalah permintaannya pada PT KCIC agar gerbong kereta cepat memiliki desain yang menandakan ciri khas Jawa Barat terpenuhi.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  07:55 WIB
Harapan Ridwan Kamil Gerbong Kereta Cepat Didesain Megamendung Terwujud
angkaian Electric Multiple Unit (EMU) atau kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia pada Jumat (5/8 - 2022) / Dok. KCIC
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan bahwa proyek kereta cepat Jakarta-Bandung terus menunjukkan progres yang signifikan.

Salah satu kabar terbaru yang ia peroleh adalah 11 set gerbong lokomotif akan segera tiba di Tanah Air dalam waktu dekat.

Ridwan Kamil mengatakan pengiriman 11 set gerbong kereta cepat tersebut saat ini tengah dilakukan oleh PT KCIC. Menurutnya gerbong-gerbong ini sudah selesai di desain dan akan segera muncul di depan khalayak.

“Lagi OTW 11 set gerbong lokomotifnya,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Selasa (9/8/2022).

Satu yang membuat dirinya sumringah adalah permintaannya pada PT KCIC agar gerbong kereta cepat memiliki desain yang menandakan ciri khas Jawa Barat terpenuhi.

“Interior megamendung alhamdulilah sudah dipenuhi,” katanya.

Mega mendung sendiri merupakan ciri khas batik asal Cirebon yang juga menjadi salah satu ciri khas desain Ridwan Kamil.

Kedatangan gerbong ini menurutnya akan menjadi bagian dalam gelaran G20 Summit September mendatang. Hal ini selaras dengan permintaan Presiden Jokowi agar saat G20 berlangsung, sudah ada satu set gerbong kereta cepat yang diujicoba.

“Pas Summit Presiden Jokowi minta ada satu set bisa wara wiri, jadi diperlihatkan ada kereta sudah bergerak di relnya,” katanya.

Setelah hal itu dilakukan, proses aktivasi kereta cepat selanjutnya akan mengikuti sejumlah tahapan-tahapan pengoperasian dan tes. Jika lolos tes, maka direncanakan kereta cepat Jakarta-Bandung bisa melayani penumpang umum pada Juni 2023 mendatang.

Kelanjutan kereta cepat juga menurutnya akan menentukan pembahasan-pembahasan lain seperti pembangunan TOD Walini termasuk rencana pemindahan pusat pemerintahan Jawa Barat. “Nanti tunggu kejelasan kereta api cepat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kereta Cepat ridwan kamil
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top