Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkat Fatalitas Tinggi, Truk ODOL di Tol Cipali Ditindak

Astra Tol Cipali bersama Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Dirlantas Polda Jabar melakukan operasi penindakan truk ODOL di Gerbang Tol Palimanan, Kab Cirebon.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  13:59 WIB
Tingkat Fatalitas Tinggi, Truk ODOL di Tol Cipali Ditindak
Penindakan truk ODOL di Tol Cipali.
Bagikan

Bisnis.com, CIREBON - Astra Tol Cipali bersama Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar melakukan operasi penindakan kendaraan over dimension dan overload (ODOL) di Gerbang Tol Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (8/8/2022).

Dalam operasi tersebut, pengelola Tol Cipali menggunakan teknologi weight in motion (WIM). Sehingga, bisa mempercepat pendeteksian kendaraan yang berpotensi melanggar kelebihan muatan.

Teknologi penindakan tersebut pun mampu mencatat plat nomor, jenis kendaraan, konfigurasi, kecepatan, hingga dimensi kendaraan. Data itu, nantinya langsung terekam serta terintegrasi dengan server data.

Kepala Divisi Astra Tol Cipali Sri Mulyo mengatakan operasi penindakan dengan metode tersebut berlangsung mulai Senin ini hingga Rabu (10/8/2022).

Operasi dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan Astra Tol Cipali terhadap kebijakan zero ODOL dan untuk mengurangi tingkat fatalitas yang terjadi di jalur hambatan tersebut.

"Tercatat pada tahun 2021-2022 data laka yang disebabkan oleh kendaraan kelebihan muatan di Tol Cipali sebesar 32 persen. Sebagai pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan, salah satu upaya kami untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan," kata Sri Mulyo.

Sri Mulyo mengatakan, apabila kendaraan golongan 3-5 yang membawa muatan melebihi beban, akan langsung diberikan sanksi berupa penilangan oleh satuan PJR.

Menurut Sri Mulyo, operasi akan dilakukan secara rutin setiap bulan demi menjaga infrastruktur dan juga mempertahankan umur jalan di Tol Cipali. Kemudian, menjaga ketertiban pengemudi agar taat.

"Operasi penindakan dengan pemasangan alat timbang WIM tidak hanya sekedar memberikan sanksi kepada pengemudi dan juga penyedia kendaraan," kata Sri Mulyo.

"Selain itu, sebagai fungsi edukasi kendaraan yang melebihi muatan tidak hanya membahayakan untuk kendaraan itu sendiri namun juga kepada pengguna jalan lain," imbuhnya.

Diharapkan, angka fatalitas di Tol Cipali semakin berkurang sehingga memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Truk ODOL jalan tol cipali
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top