Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Desa Cikurubuk di Sumedang Jadi Role Model Budi Daya Padi Organik

Sistem pertanian padi organik di lahan pesawahan Cikurubuk, Kecamatan Buahdua akan dijadikan role model sebagai desa yang mengembangkan padi organik di Jabar.
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (kanan)
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (kanan)

Bisnis.com, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan sistem pertanian padi organik di lahan pesawahan Cikurubuk, Kecamatan Buahdua akan dijadikan role model sebagai desa yang mengembangkan padi organik di Jawa Barat.

"Saya sampaikan apresiasi kepada Kepala Desa Cukurubuk yang telah mendukung terwujudnya budi daya padi organik. Mudah-mudahan semuanya bisa mencontoh Cikurubuk. Nanti ada agribisnisnya dan ada yang studi banding ke sini," ungkapnya, Minggu (24/7/2022).

Menurut Dony pihaknya mendukung penuh upaya pengembangan budi daya padi organik di Desa Cikurubuk karena lebih menguntungkan bagi petani dan lebih sehat dikonsumsi.

"Budi daya padi dengan cara tanam organik ini tentu banyak keuntungan dan manfaatnya. Selain beras dan tanahnya sehat, hasilnya lebih baik dan menguntungkan bagi para petani karena pupuknya tidak bergantung pupuk kimia," ujarnya.

Bupati mengatakan, saat ini ada 15 hektare areal pesawahan bersertifikat sebagai padi organik milik kelompok tani di Desa Cikurubuk dan ke depannya akan dikembangkan menjadi 100 hektare

"Pemda Sumedang akan men-support terus untuk pengembangan 100 hektare padi organik di Desa Cikurubuk imk," tuturnya.

Sementara itu, secara khusus, Dony pun memesan padi organik yang dikelola oleh kelompok tani Kanem di Desa Cikurubuk tersebut untuk konsumsi di Gedung Negara.

"Saya secara khusus sudah mendeklarasikan untuk hidangan di Gedung Negara berasnya akan menggunakan padi organik desa Cikurubuk," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper