Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Desa Cikurubuk di Sumedang Jadi Role Model Budi Daya Padi Organik

Sistem pertanian padi organik di lahan pesawahan Cikurubuk, Kecamatan Buahdua akan dijadikan role model sebagai desa yang mengembangkan padi organik di Jabar.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 24 Juli 2022  |  17:45 WIB
Desa Cikurubuk di Sumedang Jadi Role Model Budi Daya Padi Organik
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (kanan)
Bagikan

Bisnis.com, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan sistem pertanian padi organik di lahan pesawahan Cikurubuk, Kecamatan Buahdua akan dijadikan role model sebagai desa yang mengembangkan padi organik di Jawa Barat.

"Saya sampaikan apresiasi kepada Kepala Desa Cukurubuk yang telah mendukung terwujudnya budi daya padi organik. Mudah-mudahan semuanya bisa mencontoh Cikurubuk. Nanti ada agribisnisnya dan ada yang studi banding ke sini," ungkapnya, Minggu (24/7/2022).

Menurut Dony pihaknya mendukung penuh upaya pengembangan budi daya padi organik di Desa Cikurubuk karena lebih menguntungkan bagi petani dan lebih sehat dikonsumsi.

"Budi daya padi dengan cara tanam organik ini tentu banyak keuntungan dan manfaatnya. Selain beras dan tanahnya sehat, hasilnya lebih baik dan menguntungkan bagi para petani karena pupuknya tidak bergantung pupuk kimia," ujarnya.

Bupati mengatakan, saat ini ada 15 hektare areal pesawahan bersertifikat sebagai padi organik milik kelompok tani di Desa Cikurubuk dan ke depannya akan dikembangkan menjadi 100 hektare

"Pemda Sumedang akan men-support terus untuk pengembangan 100 hektare padi organik di Desa Cikurubuk imk," tuturnya.

Sementara itu, secara khusus, Dony pun memesan padi organik yang dikelola oleh kelompok tani Kanem di Desa Cikurubuk tersebut untuk konsumsi di Gedung Negara.

"Saya secara khusus sudah mendeklarasikan untuk hidangan di Gedung Negara berasnya akan menggunakan padi organik desa Cikurubuk," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang PADI ORGANIK produksi beras
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top