Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKPP Jabar: Pemotongan Hewan Kurban di RPH Turun

Minat masyarakat Jawa Barat melakukan pemotongan hewan kurban Iduladha 1443 Hijriah di rumah potong hewan (RPH) mengalami penurunan.
Rumah potong hewan/Antara
Rumah potong hewan/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Minat masyarakat Jawa Barat melakukan pemotongan hewan kurban Iduladha 1443 Hijriah di rumah potong hewan (RPH) mengalami penurunan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar Moh Arifin Soedjayana mengatakan penurunan ini terjadi karena kelonggaran aturan pemerintah yang sudah mengizinkan masyarakat untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di lapangan dan di tempat lainnya.

"Sehingga, jika dibandingkan pada 2020-2021 penurunan cukup drastis. Jadi untuk laporan dan pemantauan petugas kami, itu kemarin di RPH secara kuantitatif jumlahnya menurun dibandingkan tahun kemarin," katanya, Senin (11/7/2022).

Namun pihaknya memastikan belum mendapatkan data secara keseluruhan jumlah pasti penurunan dari RPH. Namun, dari hasil pantauan masyarakat banyak yang melakukan pemotongan hewan kurban di lapangan dan tempat lainnya yang sudah diatur oleh pemerintah.

"Untuk data masih dalam proses rekap, tapi untuk laporan sementara seperti di RPH Ciroyom, itu kemarin jumlahnya sangat menurun," katanya.

Arifin juga menuturkan sapi lolimousin milik Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil sudah disembelih di RPH Kopo Cirangrang.

Menurut Arifin, sapi kurban yang diberikan oleh Presiden Jokowi dan Gubernur Jabar ini memiliki berat kurang lebih satu ton.

"Barusan yang disembelih di RPH Cirangrang sekitar tujuh ekor sapi termasuk yang Gubernur Jabar dan Presiden Jokowi," katanya.

Adapun hewan kurban dari Ridwan Kamil dan Presiden Jokowi itu sudah diserahkan terimakan. Sehingga, setelah proses pemotongan, nantinya bisa langsung didistribusikan pada seluruh masyarakat, khususnya Jabar.

"Tadi kami cuma prosesi penyerahan saja dari pusat ke Provinsi Jabar dan dari provinsi langsung diserahkan ke mesjid Raya Bandung dan langsung disembelih hari ini di RPH Kopo Cirangrang," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper