Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil ke Bima Arya dan Yana Mulyana: Tindak Tegas Holywings!

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara khusus meminta dua kepala daerah, Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Wali Kota Bogor Bima Arya menindak tegas perizinan Holywings.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara khusus meminta dua kepala daerah, Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Wali Kota Bogor Bima Arya menindak tegas perizinan Holywings.

Perintah ini menyusul adanya kasus dugaan penghinaan dan penistaan agama atas konten promosi pembelian minuman keras yang mencatut nama Muhammad dan Maria hingga berbuntut pada permasalahan izin.

"Holywings kalau Jakarta ada di gubernur kalau di luar jakarta kewenangan izin hiburan hotel restoran ada di bupati dan wali kota, jadi saya harapkan di Bandung dan Bogor untuk ambil tindakan tegas," katanya di Gedung Merdeka, Bandung, Selasa (28/6/2022).

Namun sebelum tindakan tegas dilakukan pihaknya meminta dua kepala daerah tersebut terlebih dahulu mengecek semua unsur pelanggaran.

Apakah izin sudah sesuai atau belum sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan dari pemerintah setempat. Hal ini berkaca pada penindakan yang dilakukan Pemprov DKI.

"Jika secara aspek hukum dan kepatutan ada pelanggan. Imbauan saya pada Bima Arya dan Pak Yana (tindak tegas)," katanya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris PC GP Ansor Kota Bandung Mohamad Grandy mengatakan, pihaknya meminta Pemkot Bandung untuk segera menutup operasional Holywings.

Meski manajemen Holywings pusat sudah menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas dugaan SARA yang dilakukan, tapi itu jangan sampai menutup keinginan masyarakat agar kafe tersebut ditutup.

"Walaupun permintaan maaf sudah dilakukan namun sesuai dengan tuntutan kami yang bahwa proses hukum harus terus dilakukan," kata Grandy.

Menurutnya, GP Ansor Bandung telah melaporkan dugaan tindak pidana ke Polrestabes Bandung dan hingga sekarang laporan tersebut terus dikawal agar ada tindakan dari polisi.

"Selain itu, kami juga hari ini kami melayangkan surat kepada Wali Kota Bandung Kang Yana Mulyana mendesak beliau untuk memerintahkan Satpol PP Kota Bandung menyelidiki dugaan pelanggaran-pelangaran perda yang dilakukan oleh gerai-gerai Holywings Indonesia yang ada di Kota Bandung," kata dia.

Selain menutup operasional kafe Holywings di Bandung, GP Ansor pun mendesak Wali Kota Bandung mencabut izin seluruh gerai yang ada di kota ini. Sehigga gerai Holywings ke depannya tidak buka kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper