Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jabar Ambil Inisiatif Ajukan Perpanjangan Izin Ridwan Kamil di Swiss ke Mendagri

Elpi Nazmuzaman mengatakan sebelum perpanjangan izin dari Mendagri yang diajukan Pemprov Jabar keluar, Ridwan Kami sempat menanyakan tanggung jawabnya sebagai gubernur terkait terbatasnya izin ke luar negeri.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat berada di Sungai Aare, Swiss, dalam pencarian Emmeril./Istimewa
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) saat berada di Sungai Aare, Swiss, dalam pencarian Emmeril./Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dipastikan akan tetap berada di Swiss hingga 4 Juni mendatang setelah Mendagri memberikan izin keluar negeri dengan alasan penting.

Adik Ridwan Kamil Elpi Nazmuzaman mengatakan sebelum perpanjangan izin dari Mendagri yang diajukan Pemprov Jabar keluar, Ridwan Kami sempat menanyakan tanggung jawabnya sebagai gubernur terkait terbatasnya izin ke luar negeri.

“Dua hari lalu ditelfon kang Emil (sapaan Ridwan Kamil), menanyakan soal pekerjaan, karena berdasarkan yang dia ketahui, posisi di luar negeri adalah dinas dan hari Senin (30/5) ini harus berdinas sebagai Gubernur di Kota Bandung,” katanya dalam jumpa pers di Gedung Sate, Bandung, Senin (30/5/2022).

Menurutnya Ridwan Kamil bertanya tentang kemungkinan berada di Swiss namun secara administratif tidak ada yang dilanggar. Elpi memastikan saat itu Ridwan Kamil dan keluarga tidak mengetahui inisiatif Pemprov Jabar mengajukan perpanjangan izin ke Kemendagri.

“Beliau menanyakan apakah ada situasi yang memungkinkan, beliau bisa fokus terkait keluarga, beliau yakin akan disupport, tapi ingin memastikan tidak ada hal strategis dan administratif yang tidak terpenuhi dan meminta kami menghubungi pak Wagub dan Pak sekda,” katanya.

Saat pihak keluarga menanyakan soal administratif perijinan ternyata pihak Pemerintah Provinsi sudah berinisiatif mengusulkan izin kepada Kemendagri. Hingga akhirnya Mendagri mengeluarkan izin hingga 4 Juni mendatang.

“Terima kasih Pemprov Jabar yang men-support berinisiatif memproses administrasi izin gubernur selama mengelola kepentingan keluarga disana. Kang Emil merasa yakin, sistem pemerintahan di Jabar berjalan, melayani masyarakat dengan optimal,” katanya

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmadja mengatakan seiring dengan adanya peristiwa yang dialami Emmeril yang hanyut di Sungai Aare, Swiss, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah berinisiatif mengajukan perpanjangan perizinan untuk Ridwan Kamil kepada Kementerian Dalam Negeri.

“Karena ada musibah, Pemprov Jabar mengambil inisiatif, tanggal 29 Mei sampai 4 Juni izin ke Kemendagri. 28 Mei Mendagri memberikan izin, izin ke luar negeri dengan alasan penting,” ujarnya.

Ridwan Kamil saat ini tengah memantau langsung proses pencarian putra sulungnya Emmeril Khan Mumtadz yang hilang di Sungai Aare, Swiss, sejak Kamis (26/5/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper