Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Multi Bintang Indonesia Targetkan Penggunaan 100 Persen Energi Terbarukan pada 2025

Pada 2025 mendatang, Multi Bintang Indonesia berambisi untuk mencapai 100% penggunaan energi terbarukan dengan menerapkan tenaga surya.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG - Green Economy atau ekonomi hijau menjadi haluan yang kini tengah dituju oleh berbagai sektor bisnis untuk mendukung praktik berkelanjutan.

Salah satunya adalah Multi Bintang Indonesia, produsen dari merek bir Bintang telah meluncurkan gerakan terbarunya dalam praktik keberlanjutan, bertajuk Cut the Tosh.

Direktur Corporate Affairs Multi Bintang Indonesia Ika Noviera mengatakan Cut the Tosh merupakan sebuah sikap dan aksi dari perseroan untuk segera mewujudkan praktik berkelanjutan.

“Cut the Tosh mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk mengubah narasi jadi aksi. Harapan kami, gerakan ini dapat mendorong upaya kolektif dari para pemangku kepentingan, untuk bersama-sama menciptakan kolaborasi yang bermakna untuk meningkatkan skala dan dampak dari praktik keberlanjutan,” kata Ika dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (19/5/2022).

Dalam praktik keberlanjutannya, Multi Bintang Indonesia memiliki kepentingan untuk segera mewujudkan konsep tersebut. Pasalnya sebagian besar bahan baku produk yang mereka buat berasal dari air yang terancam krisis jika praktik berkelanjutan tidak terwujud.

Inisiatif dari Multi Bintang Indonesia seputar lingkungan diwujudkan dari berbagai inisiatif untuk mencapai Path to Net Zero Impact. Hingga saat ini, 28% dari total konsumsi energi di fasilitas produksi Multi Bintang Indonesia berasal dari sumber energi terbarukan, termasuk pemanfaatan biomassa. Pada 2025 mendatang, Multi Bintang Indonesia berambisi untuk mencapai 100% penggunaan energi terbarukan dengan menerapkan tenaga surya.

Meski demikian, ia mengaku keberlanjutan lingkungan tidak hanya berbicara mengenai pelestarian alamnya saja, melainkan keterlibatan masyarakat sekitarnya.

Inilah yang mendorong perusahaan untuk memberdayakan komunitas lokal melalui program pembinaan bank sampah, dan saat ini sudah terbentuk lebih dari 300 unit yang tersebar di Tangerang dan Mojokerto, berjalan secara mandiri dan memberikan manfaat kepada sekitar 28.000 orang.

Tidak hanya itu, Multi Bintang Indonesia juga sangat memperhatikan pengelolaan air, mengingat air merupakan 95% dari bahan dasar pembuatan bir. Program pengelolaan air ini mencakup berbagai inisiatif yang dilakukan dari hulu hingga ke hilir, mulai dari penghijauan hutan hingga pembangunan waste trap yang berfungsi sebagai penangkap sampah agar tidak mengalir di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) hingga ke laut.

Multi Bintang Indonesia juga memiliki inisiatif River2River sebagai langkah edukasi kepada masyarakat akan pentingnya konservasi air dan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, yang diharapkan dapat memulihkan area hingga 428 ha pada tahun 2025.(K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper