Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mutasi dan Rotasi di Pemprov Jabar Kerap Lahirkan Kesalahan Laporan Keuangan

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi BPK Perwakilan Jabar yang telah menyerahkan hasil audit terhadap dua objek pemeriksaan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 19 Mei 2022  |  14:27 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (tengah)
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (tengah)

Bisnis.com, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi BPK Perwakilan Jabar yang telah menyerahkan hasil audit terhadap dua objek pemeriksaan, yakni pemeriksaan terinci Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2021 dan aspek kinerja Pemda Provinsi Jabar dengan tema penanggulangan kemiskinan.

Menurutnya, hasil pemeriksaan dan rekomendasi yang diberikan menjadi masukan agar dilakukan perbaikan oleh Pemda Provinsi Jabar.

"Terima kasih kepada BPK Perwakilan Jabar yang sudah memberikan masukan dan koreksi kepada Pemda Provinsi Jabar. Insya Allah, kami segera menindaklanjuti," katanya dalam rilis Humas Jabar, Kamis (19/5/2022).

Uu Ruzhanul menginstruksikan agar seluruh perangkat daerah segera menindaklanjuti rekomendasi yang diberikan BPK, sekaligus segera merancang rencana aksi.

Ini penting agar kinerja Pemda Provinsi Jabar berdampak baik pada masyarakat. "Besok kita akan langsung rapat dengan dinas terkait dan dinas teknis supaya cepat diperbaiki," ujarnya.

Ia menjelaskan, Pemda Provinsi Jabar kerap melakukan mutasi dan promosi terhadap aparatur di lingkup kerjanya, sehingga dalam peralihan jabatan bisa saja terdapat kesalahan pada suatu laporan yang tidak terinformasikan kepada pejabat yang baru.

"Masalahnya itu lagi, itu lagi karena memang pejabat di Jabar silih berganti," ungkapnya.

Sementara itu, terkait penanggulangan kemiskinan, Uu menyebut, bahwa kemiskinan sebagian besar karena kurangnya keahlian yang dimiliki.

Untuk itu, Pemda Provinsi Jabar akan segera melakukan tindak lanjut terkait titik permasalahan tersebut.

"Orang miskin biasanya karena tak memiliki keahlian, ini pun menjadi pemikiran kami ke depan. Memang yang namanya keahlian penting untuk kesuksesan kehidupan kita," tutur Uu.

Sementara itu Plt Kepala BPK Perwakilan Jabar Arif Agus berharap hasil audit yang diberikan pihaknya bisa menjadi masukan dan rekomendasi bagi Pemda Provinsi Jabar.

"Setelah hasil audit disampaikan dan ditanggapi, kami akan susun konsep hasil pemeriksaan, termasuk rekomendasinya," kata Arif.

Arif mendorong pula Pemda Provinsi Jabar segera menyusun rencana aksi untuk memperbaiki laporan dan kinerjanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bpk pemprov jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top