Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gegara Covid-19, Kemantapan Jalan di Purwakarta Turun 4 Persen

Prioritas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Purwakarta dalam dua tahun terakhir ini terkendala akibat adanya pandemi Covid-19.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 17 Mei 2022  |  16:05 WIB
Gegara Covid-19, Kemantapan Jalan di Purwakarta Turun 4 Persen
Suasana di Kabupaten Purwakarta - Bisnis/Asep Mulyana

Bisnis.com, PURWAKARTA - Prioritas pembangunan infrastruktur di Kabupaten Purwakarta dalam dua tahun terakhir ini terkendala akibat adanya pandemi Covid-19.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengakui saat ini, kemantapan jalan di wilayahnya mengalami penurunan sekitar 4 persen. Yakni, yang tadinya di angka 87 persen dari total panjang jalan kabupaten yang mencapai 728,94 kilometer itu, menjadi 84 persen.

"Penurunan kemantapan ini terjadi karena sejak adanya pandemi Covid-19 anggaran untuk peningkatan infrastruktur itu harus dikurangi sangat besar. Makanya, selama itu pula tak kegaiatan pemeliharaan jalan jadi terkendala," ujar Anne di sela-sela rapat kordinasi bersama jajarannya, Selasa (17/5/2022).

Anne menjelaskan sejak 2020 dan 2021 ada ketertinggalan dalam program pembangunan infrastruktur. Imbasnya, menjadikan kemantapan jalan yang menjadi kewenangan kabupaten itu turun. Untuk itu, di 2022 ini pihaknya akan kembali memaksimalkan program di sektor infrastruktur tersebut.

"Minimalnya, tahun ini kita bisa mengejar atau mengganti penurunan 4 persen tersebut, kalau tidak itu sekitar 30 kilometer. Kita terus dorong infrastruktur jalan di 2022 ini, walaupun memang belum bisa mengakomodir seluruh aspirasi dari masyarakat," kata dia.

Anne menuturkan, dalam rapat kordinasi tersebut pihaknya menekankan kepada seluruh camat dan kepala desa untuk turut mengawasi pelaksanaannya di lapangan. Termasuk, melaporkan titik koordinat jalan yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Supaya pembangunan ini bisa dirasakan oleh masyarakat manfaatnya.

"Ya kita lakukan percepatan, rakor ini adalah bagian dari upaya percepatan perencanaannya. Rencana kita, di bulan Juni ini bisa terus dikejar sampai akhir tahun," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Kabupaten Purwakarta Ryan Oktavia menambahkan ada beberapa alasan kenapa kemantapan jalan di wilayahnya menurun. Pertama, jelas karena adanya penurunan anggaran yang terjadi sejak 2019 hingga 2021 kemarin.

"Anggaran kita sejak beberapa tahun ini terjun bebas. Mudah-mudahan di 2022 ini di tahun ini kita tingkatkan kembali, minimalnya untuk pembangunan 10 kilometer dari tadi 30 kilometer kemunduran terkait kemantapan jalan tersebut. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top