Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pantauan DKPP Jabar: Harga Daging Sapi Naik Jelang Lebaran, Warga Beralih ke Daging Ayam

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan secara umum komoditas pangan di Jawa Barat menjelang lebaran terpantau aman dan mencukupi.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 28 April 2022  |  20:28 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Seperti sudah lazim, komoditas daging sapi segar kembali naik menjelang Lebaran 2022 di kisaran harga Rp140.000 per kilogram. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan secara umum komoditas pangan di Jawa Barat menjelang lebaran terpantau aman dan mencukupi. 

Pihaknya yang memiliki kewenangan memantau pergerakan komoditas pangan dalam dua pekan terakhir menelusuri perkembangan di daerah dari mulai pasokan hingga distribusi.

“Distribusi sekarang tidak ada pembatasan, beda sama tahun lalu. Distribusi aman, namun dari sisi waktu pengiriman agak telat karena sekarang sudah mulai memasuki masa mudik H-4 lebaran,” katanya Kamis (28/4/2022).

Salah satu yang menjadi perhatian adalah daging sapi segar. Arifin mengatakan pihaknya mengunjungi salah satu rumah potong sapi di Cianjur pada Rabu (27/4/2022) kemarin. 

“Saya tanya berapa sapi yang dipotong setiap hari? Dijawab cuma 60 ekor, dipasarkan ke pasar tradisional dan ritel,” katanya.

Namun menurut Arifin angka tersebut rupanya hanya 30 persen dari angka potong normal RPH tersebut. Kondisi ini terjadi bukan karena tidak ada stok dan pasokan, melainkan stok yang ada adalah sapi impor yang saat ini harganya mahal. Menurutnya kondisi global yang dinamis, membuat harga sapi ke RPH menjadi mahal.

Ketika hal ini dicek pada pedagang daging sapi di Pasar Caringin, Bandung, pedagang mengeluhkan hal yang sama. 

“Ada yang biasa motong 10 sapi, sekarang cuma 2-3 ekor. Dari sisi ketersediaan ada, tapi dari sisi orang beli menurun karena mahal. Pembeli mengalihkan kebutuhan protein sekarang ke daging ayam,” katanya.

Di sisi lain Arifin memastikan DKPP Jabar juga terus melakukan pemantauan dan pemeriksaan keamanan produk hewan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) bersama organisasi perangkat daerah dan instansi terkait di daerah. Berdasarkan hasil pemantauan, ketersediaan produk hewan aman dan fluktuasi harga relatif wajar. 

“Kami terus memantau dan memastikan ketersediaan dan keamanan pangan menjelang lebaran terjamin,” pungkasnya. 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daging sapi daging ayam
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top