Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

24 Tahun Tak Terjamah Setrum, Bantuan PLTS Jadi Berkah Warga Cilele Karawang

Presiden EMIR Khanif Nasukha menyebutkan program tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan pemasangan 1.000 PLTS gratis untuk rumah tangga.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 28 April 2022  |  20:02 WIB
EMIR memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk 25 rumah di Dusun Cilele, Desa Wanajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Karawang.
EMIR memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk 25 rumah di Dusun Cilele, Desa Wanajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Karawang.

Bisnis.com, BANDUNG - Menjelang Lebaran 2022, Energi Milenial Indonesia Raya (EMIR) memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk 25 rumah di Dusun Cilele, Desa Wanajaya, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Karawang.

Bantuan ini berkah mengingat Desa tersebut hampir 24 tahun tidak merasakan penerangan meski berada tidak jauh dari Pusat Kawasan Industri Terbesar di Indonesia.

Presiden EMIR Khanif Nasukha menyebutkan program tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan pemasangan 1.000 PLTS gratis untuk rumah tangga.

Hal ini sebagai upaya agar masyarakat di daerah terpencil juga bisa merasakan adanya aliran listrik, apalagi yang bersumber dari energi bersih yang berkelanjutan.

“Target kita adalah masyarakat yang belum menikmati listrik di berbagai pelosok Indonesia. Dusun Cilele menjadi titik pertama program 1.000 PLTS atap gratis untuk masyarakat,” ungkap Khanif dalam rilis Kamis (28/4/2022).

Ia juga menyampaikan program 1.000 PLTS akan berkolaborasi secara aktif dengan pemerintah dan dunia usaha untuk mewujudkan Indonesia terang dengan energi terbarukan. 

Kegiatan ini juga berkat kerja sama dengan PT Migas Hulu Jabar ONWJ yang merupakan Perusahaan Perseroan Daerah (PPD), bergerak di bidang pengelolaan Participating Interest (PI) 10% di Wilayah Kerja Offshore-North West Java (WK ONWJ).

“Kontribusi kaum milenial dalam penggunaan energi baru terbarukan dinilai bisa mempercepat proses transisi energi di Indonesia. Dalam proses transisi energi ini, kaum milenial bisa memulainya dengan menggunakan energi secara bijak, ramah lingkungan, mudah dan bisa diakses semua, salah satunya PLTS ini,” lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan Ridwan Kamil untuk mendorong pemuda menangkap peluang dalam mewujudkan transisi energi bagi Indonesia.

“Peluang memanfaatkan EBT harus mulai dibangun mengingat ketersediaannya akan terus ada sepanjang masa selama masih ada matahari, angin, air, panas bumi, dan energi penggerak lainnya,” ungkap Ridwan Kamil saat mengisi seminar Pelatihan Usaha Pemuda di Sektor Energi beberapa waktu lalu.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

plts
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top