Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tes Jaringan MOCN, Indosat Ooredoo Hutchison Siap Hadapi Trafik Tinggi Lebaran

Head of Region Central & West Java Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Swandi Tjia mengatakan pihaknya ingin memastikan kualitas jaringan yang baik menjelang Lebaran yang diprediksi mengalami kenaikan trafik.
Ajijah
Ajijah - Bisnis.com 20 April 2022  |  22:35 WIB
(Kiri ke kanan) Technical Operation West Java Djakaria, VP-Head of Technology Central & West Java Region Deny Houstin  Wahid, Head of Region Central & West Java Swandi Tjia, District Operation Head West Java Fari Salman Suhud, Manager Radio Frequency West Java Sigit Tri Cahyono, dan Deputy GM Reg.Ops Central & West Java Rudy Hudoyo saat mengetes integrasi jaringan IOH di kampus ITB. - Istimewa
(Kiri ke kanan) Technical Operation West Java Djakaria, VP-Head of Technology Central & West Java Region Deny Houstin Wahid, Head of Region Central & West Java Swandi Tjia, District Operation Head West Java Fari Salman Suhud, Manager Radio Frequency West Java Sigit Tri Cahyono, dan Deputy GM Reg.Ops Central & West Java Rudy Hudoyo saat mengetes integrasi jaringan IOH di kampus ITB. - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Indosat Ooredoo Hutchison melakukan drive test jaringan di beberapa titik Kota Bandung, Jawa Barat, sebagai kesiapan menghadapi masa libur Idulfitri 2022.

Head of Region Central & West Java Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Swandi Tjia mengatakan pihaknya ingin memastikan kualitas jaringan yang baik menjelang Lebaran yang diprediksi mengalami kenaikan trafik.

"Ada beberapa spot di Jabar yang menjadi tujuan mudik, khusus di Bandung, kami juga sekaligus ingin menguji kualitas jaringan setelah dilakukan integrasi dua jaringan [Ooredoo dan Hutchison]," katanya, Rabu (20/4/2022).

Integrasi jaringan yang dimaksud, kata dia, adalah implementasi Multi Operator Core Network (MOCN). 

Titik pengujian pertama di Kota Bandung, yaitu kawasan padat penduduk Cihampelas dengan pusat pengujian di Ino Cell, kemudian titik kedua Rumah Sakit Advent, dan titik ketiga yaitu kampus Institut Teknologi Bandung (ITB) di Jalan Tamansari. 

Berdasarkan hasil pengujian, kekuatan jaringan dan kapasitas di semua titik menunjukkan kekuatan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan sebelum adanya implementasi MOCN. Untuk tes kecepatan video saja, hasil yang didapat yaitu melebihi 120 Mbps. 

VP - Head of Technology Central & West Java Region IOH Deny Houstin Wahid menambahkan, melihat hasil pengujian jaringan tersebut, pihaknya optimistis pelanggan IOH akan mendapatkan pengalaman baru dalam merayakan Lebaran.

"Indosat Ooredoo Hutchison ready menghadapi Lebaran," tegasnya. 

Dia menjelaskan pada Lebaran tahun lalu, trafik (data, percakapan, pesan) Indosat mengalami pertumbuhan sebesar 8 persen. Namun, pada Lebaran kali ini, dengan diperbolehkannya kembali mudik, maka pertumbuhan trafik akan menjadi lebih besar lagi. 

"Lebaran tahun ini trafik bisa tumbuh 15-15 persen. Kendati trafik tinggi, pelanggan [IM3 dan Tri] tetap bisa menikmati layanan IOH," kata Deny. 

Secara nasional, IOH telah menyiapkan kapasitas data sekitar 30 persen untuk lonjakan trafik per hari dibandingkan dengan tahun lalu. Kenaikan tersebut diprediksi akan dikontribusi oleh meningkatnya penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan juga WhatsApp. 

Berbekal pengalaman di masa Ramadan dan Lebaran tahun sebelumnya, IOH mengantisipasi peningkatan trafik data tertinggi di Botabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam menikmati masa libur lebarannya, IOH melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh tanah air seperti destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan. 

Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik, seperti antara Jakarta dan Surabaya. Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat Indosat Ooredoo Hutchison
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top