Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Pertimbangkan Risiko Pemberian Vaksin di Rest Area untuk Pemudik

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pertama pihaknya menyiapkan sejumlah rest area di berbagai titik bagi pemudik berjarak jauh dengan durasi maksimal 30 menit.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan)

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat menaruh perhatian tinggi pada kenyamanan dan keselamatan pemudik lebaran khususnya yang melintasi jalur provinsi. Sejumlah fasilitas disiapkan agar para pemudik bisa melintas dengan nyaman.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pertama pihaknya menyiapkan sejumlah rest area di berbagai titik bagi pemudik berjarak jauh dengan durasi maksimal 30 menit. Selain untuk memulihkan stamina, rest area juga berfungsi untuk pemeriksaan kendaraan.

"Keberadaan rest area cukup penting untuk pemudik berjarak jauh, tidak hanya untuk keperluan bengkel, tapi pemulihan stamina juga," katanya dalam pernyataan yang dikutip Rabu (20/4/2022).

Pihaknya mengimbau pemudik untuk menyiapkan mandiri makanan berbuka puasa di kendaraan masing-masing dan tidak menjadikan rest area sebagai pusat berbuka puasa.

"Imbauan saya kepada pemudik di kendaraannya dibekali makanan mencukupi dan semua hal emergency sehingga kalau tidak bisa ke rest area karena terbatas, maka kenyamanan buka di jalan dan lainnya masih bisa dilakukan," imbaunya.

Kendati tahun ini pemerintah sudah kembali memperbolehkan mudik, namun protokol kesehatan Covid-19 tetap harus dijaga karena kasus di lapangan masih terjadi. Karena itu pihaknya mengimbau pemudik sudah melakukan vaksinasi dosis lengkap. Khusus untuk pemudik asal daerah yang kasusnya tinggi, vaksinasi booster sangat disarankan.

"Jadi kami imbau pastikan dulu sudah vaksin penuh dan lebih baik lagi sudah booster khususnya pemudik yang berasal dari daerah yang kasusnya tinggi," ucapnya.

Dinas Kesehatan Jabar pun menyiapkan sekitar 3.000 dosis vaksin untuk pemudik. Namun teknis penyuntikannya masih dibahas karena bila vaksinasi dilakukan di posko atau rest area khawatir terjadi KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) yang berisiko bagi pelaku perjalanan.

"Jumlah vaksin disiapkan minimal 3.000 dosis, tapi yang paling aman adalah pemudik sudah vaksinasi penuh, karena kalau di rest area atau posko divaksin, kita khawatir ada KIPI yang nantinya malah membahayakan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper