Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PT INTI Genjot Penjualan KTP Reader Modular di Segmen Perbankan

PT INTI (Persero) terus menggenjot penjualan produk e-KTP Reader Modular untuk segmen perbankan.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 14 April 2022  |  16:45 WIB
PT INTI Genjot Penjualan KTP Reader Modular di Segmen Perbankan
Produk e/KTP Reader Modular untuk segmen perbankan.
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) atau biasa disebut PT INTI (Persero) terus menggenjot penjualan produk e-KTP Reader Modular untuk segmen perbankan.

Produk yang bernama “Identik MD01” ini merupakan perangkat pembaca Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) dalam bentuk modul-modul terpisah (modular), tapi tetap dalam satu kesatuan struktur yang terdiri dari modul Smartcard Reader dan Biometric Fingerprint Scanner yang dihubungkan melalui kabel Universal Serial Bus (USB).

Perangkat “Identik MD01” ini memudahkan transaksi keuangan pada tahap verifikasi dan validasi data nasabah untuk penggantian kartu Automatic Teller Machine (ATM) dan aktivitas perbankan lainnya yang menggunakan pemanfaatan nomor induk kependudukan (NIK) pada KTP-el sebagai basis transaksinya.

“Ini momen yang tepat untuk Identik MD01 karena perbankan tengah menggenjot layanan berbasis Customer Service Digital,” ucap Direktur Utama PT INTI (Persero) Otong Iip, dalam keterangan resminya, Kamis (14/4/2022).

Tercatat hingga awal tahun 2022, PT INTI (Persero) telah membukukan penjualan e-KTP Reader untuk semua varian sebanyak 12.586 unit.

Khusus untuk e-KTP Reader Modular “Identik MD01”, terakumulasi sebanyak 378 unit yang telah diimplementasikan di sejumlah bank pelat merah dan bank pembangunan daerah.

Perolehan ini diproyeksikan akan terus meningkat dan berkontribusi pada angka pendapatan Perusahaan hingga akhir tahun. Sebab, produk “Identik MD01” ini, jelas Otong Iip, tengah populer di industri perbankan karena struktur modul perangkat yang dapat diintegrasikan dengan mesin pelayanan eksisting.

Selain itu, perangkat ini terbukti efektif dalam memangkas durasi proses verifikasi dan validasi identitas nasabah yang biasanya membutuhkan waktu lama terkait pengisian data dan pemenuhan kelengkapan berbagai salinan dokumen.

Perangkat inipun kata dia terbukti layak untuk diimplementasikan di sektor perbankan karena telah mengantongi sejumlah sertifikasi yang belum dimiliki oleh produk sejenis, yaitu Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Nomor : 2842/SJ-IND.8/TKDN/6/2021, Sertifikasi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Nomor : 007/P1/UJI.01/09/2021 dan Sertifikasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Nomor : 01/PTE/HU/02/2021.

“Berbekal sertifikasi ini, produk e-KTP Reader Modular Identik MD01 dapat dinyatakan aman untuk implementasi berbagai transaksi yang membutuhkan verifikasi KTP Elektronik, terutama terkait kerahasiaan data dan pencegahan fraud,” papar Otong Iip.

Perangkat “Identik MD01” ini menggunakan basis pemanfaatan nomor induk kependudukan karena sifat KTP-el yang unik berkat adanya chip contactless berisi semua data kependudukan yang bersifat tunggal berupa kombinasi biometrik. Data yang tersimpan di chip itupun terenkripsi sehingga tidak bisa diakses oleh sembarang orang. Data tersebut hanya bisa dibaca menggunakan Security Access Modul (SAM) yang tertanam dalam e-KTP Reader.

Vice President Sekretaris Perusahaan, Perencanaan Strategis, dan Pengembangan Bisnis PT INTI (Persero) Rizqi Ayunda Pratama menambahkan, modul keamanan yang tertanam di e-KTP Reader Modular ini juga memungkinkan pencegahan upaya kejahatan, seperti penipuan, pemalsuan, atau penggandaan kartu identitas. Sebab, KTP-el menggunakan nomor induk kependudukan tunggal yang memungkinkan implementasi One Single Identity.

“Sistem ini pula yang memudahkan pelacakan jika di kemudian hari terjadi upaya kejahatan,” ucap Rizqi Ayunda.

Saat ini, PT INTI (Persero) telah memproduksi dan memasarkan empat tipe e-KTP Reader yaitu Identik DL02, pembaca KTP Elektronik dengan layar yang dapat digunakan tanpa harus terhubung dengan komputer (standalone).

Kemudian Identik AE01, Mobile Point of Sales (MPOS) perangkat terpadu pembayaran elektronik yang bisa terintegrasi dengan aplikasi berbasis android, yang dapat juga disinkronisasi untuk berbagai transaksi berbasis verifikasi KTP Elektronik.

Lalu Identik TL01, pembaca KTP Elektronik tanpa layar berukuran cukup compact, sehingga dapat digunakan sebagai handheld device yang dapat dikoneksikan dengan perangkat lainnya, seperti telepon pintar atau tablet berbasis android.

Terakhir Identik MD01, e-KTP Reader yang bersifat modular tapi masih dalam satu kesatuan yang difungsikan sebagai modul tambahan untuk dapat diimplementasikan secara dinamis dan mudah pada perangkat lainnya, seperti mesin kiosk, mesin ATM, dan lain sebagainya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt inti
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top