Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ridwan Kamil Siapkan Langkah Antisipasi Lonjakan Harga Sembako saat Ramadan

Ridwan Kamil memastikan operasi pasar akan digelar jika lonjakan harga mulai terjadi di lapangan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  19:59 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah menyiapkan langkah mengamankan ketersediaan bahan makanan pokok pada bulan Ramadan hingga Lebaran 2022. 

Ridwan Kamil mengatakan beberapa kegiatan sudah dilakukan, di antaranya memperkuat komitmen menanam jagung hingga kedelai bersama Wakil Presiden Indonesia, Maruf Amin sebagai langkah jangka panjang.

“Itu simbol di awal. Tapi untuk lebaran ini koordinasi dengan bulog, BUMD Agrojabar untuk menyiapkan kontijensi kalau harganya sudah agak berlebihan,” kata dia, Selasa (29/3/2023).

Selanjutnya pihaknya memastikan operasi pasar akan digelar jika lonjakan harga mulai terjadi di lapangan. “Operasi pasar akan jadi siaga I selama Ramadan. Saya kira teknis di level kita begini, karena kalau urusan impor impor harga itu ranah pusat,” katanya.

Di sisi lain, beberapa hari memasuki bulan ramadan, harga barang kebutuhan pokok (bapok) di Jawa Barat terpantau naik. 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat Iendra Sofyan sudah membahas strategi stabilisasi harga bersama instansi lain, seperti Satgas Pangan Polda Jabar maupun Bulog.

"Kami melakukan rapat koordinasi secara periodik seminggu sekali hingga dua kali. Hal itu untuk terus memantau fluktuasi atau dinamika ketersediaan dan harga. Karena (saat momen keagamaan seperti ramadan) barang tersedia, tapi harganya bisa naik. Bahkan, barang tidak tersedia sehingga harga naik," ujarnya.

Sejauh ini, harga bahan makanan pokok yang mengalami kenaikan karena faktor pasokan hingga waktu panen yang terkendala. Contohnya, cabai rawit. Kemudian, daging sapi pasokan berkurang karena impor Australia berkurang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar operasi pasar harga sembako
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top