Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selain Padi, Purwakarta Mulai Fokus Pengembangan Jagung dan Kedelai

Anne mengklaim wilayahnya memiliki karakter tanah dan iklim yang sangat mendukung untuk pengembangan produk pertanian, perkebunan atau pun hortikultura.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  15:58 WIB
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (kanan)
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika (kanan)

Bisnis.com, PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta saat ini punya sentral perkebunan jagung di dua kecamatan, yakni Cibatu dan Campaka.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menjelaskan untuk hasil pertanian memang tanaman padi masih mendominasi. Namun, menurutnya, selain padi juga ada beberapa tanaman yang potensial, di antaranya Jagung.

"Kami telah menyiapkan dua kecamatan untuk sentra perkebunan jagung ini," ujar Ambu Anne saat menerima kunjungan kerja Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Purwakarta, Senin (28/3/2022).

Ambu Anne mengklaim wilayahnya memiliki karakter tanah dan iklim yang sangat mendukung untuk pengembangan produk pertanian, perkebunan atau pun hortikultura.

Adapun sentra perkebunan jagung tersebut, lanjut dia, merupakan salah satu bentuk kerja sama dalam program Integrated Farming yang diprakarsai oleh Yayasan Dewa Dewi Indonesia.

"Alhamdulillah, Purwakarta ditunjuk sebagai pilot project dari program ini," kata Anne.

Anne menjelaskan, untuk lokasi pengembangan jagung lahan yang disiapkan mencapai 52 hektare di dua kecamatan tersebut. Lahan tersebut, juga termasuk untuk pengembangan kedelai.

"Dengan kerja sama ini, saya berharap bisa meningkatkan hasil produksi pertanian di Purwakarta, baik secara kualitas maupun kuantitas. Ke depan, di dua kecamatan itu akan difokuskan untuk komoditas jagung dan kedelai," jelas dia.

Dalam kesempatan tersebut, Anne juga sempat menyampaikan permohonannya kepada orang nomor dua di Indonesia itu supaya diizinkan untuk memanfaatkan lahan tidur seluas 300 hektare milik perhutani yang ada di wilayahnya untuk pengembangan Jagung dan kedelai.

"Tujuan kita, supaya lahan tidur yang tidak produktif ini bisa menghasilkan. Jagung dan kedelai, juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Makanya, ini kita dorong," tambah dia. (K60)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top