Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalur KA Cibatu-Garut Resmi Beroperasi

Jalur kereta api Garut-Cibatu resmi dioperasikan pada Kamis (24/3/2022). Perlintasan yang pertama kali dibuka pada 1889 ini, sebelumnya terpaksa diberhentikan pada 1983.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  15:23 WIB
Peresmian jalur kereta api Garut-Cibatu, Kamis (24/3 - 2022)
Peresmian jalur kereta api Garut-Cibatu, Kamis (24/3 - 2022)

Bisnis.com, GARUT - Jalur kereta api Garut-Cibatu resmi dioperasikan pada Kamis (24/3/2022). Perlintasan yang pertama kali dibuka pada 1889 ini, sebelumnya terpaksa diberhentikan pada 1983.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengatakan reaktivasi jalur sepanjang 19 kilometer ini juga mengoperasikan Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol.

Tujuan dari pengoperasian kembali jalur ini yakni, untuk menyediakan jasa transportasi kereta api terjangkau untuk masyarakat Garut dan sekitarnya yang akan melakukan perjalanan ke luar kota.

"Diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Garut khususnya dari potensi kebangkitan wisata, termasuk membantu para pengusaha kecil di sekitar stasiun dalam memasarkan produk lokal mereka dengan kehadiran Pojok UMKM," kata Didiek di Stasiun Garut, Kabupaten Garut, Kamis (24/3/2022).

Dalam proses reaktivasi jalur kereta Garut-Cibatu, sebanyak 911 kepala keluarga (KK) dan 1.007 bangunan terdampak.

Didiek mengatakan, sebagai bentuk apresiasi, pihaknya telah mengabadikan seluruh warga terdampak dari pembangunan ini dalam bubuhan tandatangan di prasasti yang terletak pada setiap stasiun KAI

Menurutnya, hal tersebut sebagai simbol pelaksanaan reaktivasi jalur ini tidak dapat terlaksana dengan baik tanpa peran serta masyarakat Garut yang sudah rela melaksanakan relokasi.

"KAI juga melakukan penghijauan dan penggunaan energi baru terbarukan pada Stasiun Garut yang baru," kata Didiek.

"Sebelumnya KAI melakukan penanaman 83 batang pohon dan tanaman pada area Stasiun Garut untuk mendukung program BUMN Hijaukan Indonesia," imbuhnya.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan reaktivasi jalur tersebut sudah ditunggu sejak lama oleh warga Kabupaten Garut. Hal ini bakal membantu akses bagi warga Garut menuju Jakarta atau juga sebaliknya.

"Saya adalah orang Wanaraja, ketika mau ke Garut  tahun 70-an, saya biasa menggunakan kereta api. Dahulu kereta api adalah jasa transportasi utama dari Cibatu ke Garut. Apapun bisa masuk ke dalam gerbong itu, berdesak-desakkan, panas, tapi sangat membahagiakan, karena pemandangannya yang indah," kata Rudy.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai kereta api
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top