Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratusan Kilometer Jalan di Kabupaten Cirebon dalam Kondisi Rusak Berat

Refocusing anggaran selama dua tahun terakhir untuk penanganan Covid-19 membuat upaya perbaikan jalan di Kabupaten Cirebon terhambat.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Sepanjang 101 kilometer jalan di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat dalam kondisi rusak. Refocusing anggaran selama dua tahun terakhir untuk penanganan Covid-19 membuat upaya perbaikan jalan di wilayah tersebut terhambat.

Hal tersebut berdasarkan hasil pemantuan yang dilakukan oleh Tim Akselerasi Pembangunan Daerah (TAPD) yang dipimpin oleh Rokhmin Dahuri, mantan menteri Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) era Presiden Megawati.

Ratusan kilometer jalan rusak tersebut tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Cirebon, baik di wilayah timur, barat, atau pun selatan.

Salah satu jalan di Kabupaten Cirebon yang mengalami kerusakan parah ada di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa. Jalan tersebut, menghubungkan antara Kecamatan Talun dengan Kecamatan Kedawung.

Sepanjang ruas jalan tersebut, ditemukan banyak lubang menganga dengan diameter bervariasi, mulai dari 30 sentimeter hingga 120 sentimeter.

Akibat hal tersebut, pengendara yang melintas terpantau menurunkan laju kecepatan kendaraan untuk menghindari menghantam lubang tersebut.

Kondisi tersebut semakin parah setelah hujan mengguyur, yang menyebabkan asanya genangan. Beberapa pengakuan pengendara pernah tergelincir di jalan penghubung dua wilayah itu.

"Pernah jatuh, saya kira itu tidak ada lubang. Mohon kepada pemerintah segera diperbaiki, jangan sampai memakan korban lebih banyak," kata Sunardi, warga Kabupaten Cirebon, Selasa (15/3/2022).

Menanggapi hal tersebut, Wakil TAPD Kabupaten Cirebon Tasiya Soemadi Al Gotas mengatakan, pemerintah daerah harus memprioritaskan perbaikan jalan pada tahun ini.

Gotas mengatakan, dari 1.040 kilometer ruas jalan status kabupaten, yang dalam kondisi baik (mantap) hanya 667 kilometer. Sementara sisanya, mengalami rusak berat dan sedang.

"Di sini, kami juga berupaya untuk meminta bantuan kepada pemerintah pusat untuk mempercepat proses perbaikan jalan di Kabupaten Cirebon. Harus selesai selama dua tahun," kata Gotas.

Menurutnya, bila seluruh jalan di Kabupaten Cirebon dalam kondisi mulus, akan memudahkan aktivitas perekonomian masyarakat, sehingga upaya pemulihan ekonomi bisa lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper