Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Purwakarta Butuh Kolaborasi untuk Maksimalkan Potensi Pariwisata

Acep meyakini, jika sektor wisata ini bisa dikelola secara maksimal, dipastikan akan berimplikasi terhadap perekonomian masyarakat.
Salah satu objek wisata keluarga di Purwakarta
Salah satu objek wisata keluarga di Purwakarta

Bisnis.com, PURWAKARTA - Kabupaten Purwakarta dinilai layak dijadikan tujuan wisata keluarga karena didukung adanya 62 destinasi wisata yang tersebar hampir di seluruh kecamatan.

Kepala Bidang Pariwisata, Disporaparbud Kabupaten Purwakarta Acep Yulimulya mengatakan awal tahun ini jajarannya memfokuskan untuk menyisir lokasi-lokasi yang dianggap potensial untuk dikembangkan.

"Sebenarnya, hampir seluruh desa di kita itu memiliki potensi pariwisata yang bisa dikembangkan, baik wisata alam maupun wisata buatan," ujar Acep kepada Bisnis.com, Rabu (16/2/2022).

Acep mengklaim, sejauh ini pihaknya terus berkomunikasi dengan beberapa pihak untuk menguatkan persepsi mengenai pengembangan pariwisata ini, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini.

"Dalam pengelolaan pariwisata, itu butuh kerjasama lintas sektoral. Artinya, harus banyak pihak yang terlibat," kata dia.

Jadi, kata dia, dalam memaksimalkan potensi pariwisata itu tidak hanya perlu dorongan dari dinasnya semata, melainkan banyak dinas yang juga harus turut membantu.

"Kalau berbicara pariwisata, itu berarti ada kolaborasi. Misalnya, kaitan pembangunan infrastruktur jalannya atau pengembangan ekonomi kreatifnnya, itu harus juga ada dorongan dari dinas terkait. Untuk itu, mari kita maksimalkan pengembangannya," kata dia.

Acep meyakini, jika sektor wisata ini bisa dikelola secara maksimal, dipastikan akan berimplikasi terhadap perekonomian masyarakat. Untuk itu, pihaknya akan terus berupaya membantu mendorong supaya seluruh pihak takterkecuali para pengelola wisata mengembangkan seluruh potensi agro bisnis di sektor ini.

"Upaya kita, mungkin lebih ke mendorong para pengelola wisata untuk lebih kreatif dan inovatif lagi," pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper