Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bermula dari Hobi Review Skin Care, Mojang Bandung Ini Sukses Kembangkan Bisnis Kecantikan

Awal kesuksesannya dimulai dari kesukaannya mengulas produk kecantikan di channel YouTube-nya.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 05 Januari 2022  |  12:04 WIB
Septrina Rams Chhetri bisa meraup cuan miliaran dari bisnis kecantikan.
Septrina Rams Chhetri bisa meraup cuan miliaran dari bisnis kecantikan.

Bisnis.com, BANDUNG - Ide bisnis terkadang tidak pernah disangka-sangka munculnya dari mana, bisa jadi peluang bisnis terbesar adalah dari apa yang kita sukai. Hal tersebut dibuktikan oleh selebgram asal Kota Kembang, Septrina Rams Chhetri yang bisa meraup cuan miliaran dari bisnis kecantikan.

Awal kesuksesannya dimulai dari kesukaannya mengulas produk kecantikan di channel YouTube-nya. Bukan tanpa alasan, Septrina mengaku memang dirinya sangat dekat dengan dunia hiburan, mulai dari modeling hingga membintangi FTV, sehingga produk kecantikan menjadi kebutuhan primernya dalam berkarir di dunia enterteinment.

Bukannya senang, Septrina malah merasa dirinya tidak cocok berada di depan layar kamera. Sehingga dari karir keartisannya tersebut ia memutuskan untuk berhenti dan fokus terhadap karir pendidikannya di perguruan tinggi sembari meneruskan hobinya untuk mengulas produk-produk kecantikan di channel YouTube miliknya.

Tak disangka, ulasan dirinya tentang aneka ragam produk kecantikan malah mendapat respon positif dari netizen. Capaiannya tersebut kemudian sedikit demi sedikit mendatangkan penghasilan dari endrsment produk kecantikan baik dalam dan luar negeri.

" Dulu zaman 2015 marak-maraknya orang-orang jadi beauty vlogger, banyak orang luar negeri review, akhirnya saya iseng membuat youtube channel untuk review, eh Alhamdulillah diterima sama masyarakat, setiap review itu selalu dipercaya dan banyak yang nonton awalnya iseng-iseng aja, eh jadi duit dari endorsement," jelas Septrina kepada Bisnis, Rabu (5/1/2022).

Kemudian, perjalanan dia menjadi YouTuber juga terhambat lantaran kulit wajahnya hancur berjerawat lantaran terlalu banyak menggunakan produk kecantikan dari hasil endorsement itu. Akhirnya ia berhenti sejenak sambil memulihkan kulit wajahnya.

"Awalnya dari situ, akhirnya ketemu sama satu dokter, akhirnya ngobrol kemudian ditawari serum, iseng aja akhirnya direview di instagram, ternyata bagus untuk jerawat. Digandrungi lah, akhirnya aku buka PO [pre order] iseng, awalnya cuma berawal dari sosmed ternyata yang PO ribuan orang sampai handphone admin ngeheng karena banyak yang chat," jelasnya.

Dari sana Septrina mengaku dirinya menyadari bahwa pintu rezekinya ada di bisnis kecantikan. Pada review produk serum yang diracik oleh dokter kenalannya tersebut bahkan ia bisa meraup omzet hampir Rp 1 miliar.

"Yang tadinya iseng, itu ternyata sehari sampai 5.000 [pesanan], akhirnya tidak disadari rezeki saya dari sini, dikembangkan dulu belum punya karyawan, dulu semua proses bisnis dilakukan sendiri,karena awalnya gak tahu sama sekali memulai bisnis dari mana," ungkap dia.

Kemudian pada 2018 itu, dirinya mulai mengembangkan bisnisnya tersebut dengan meluncurkan produk demi produk hingga akhirnya terbangun lah brand Jarkeen yang kini memiliki puluhan varian produk skin care.

Hingga akhirnya, pada Pandemi Covid-19 yang berlangsung 2 tahun ini mengajarkan banyak hal untuknya dalam menjalankan bisnis. Namun, berkat kemampuan adaptasi yang baik dari tim yang ia miliki, ia mampu melalui fase kritis Pandemi dan mampu menaikkan omzet hingga 50 persen.

"Kita terdampak lah ya, tapi tentunya kita bertahan dan bahkan kita tidak ada pengurangan karyawan malah meluncurkan produk baru yang sold out dalam satu hari," jelas mojang berusia 29 tahun ini.

Tidak sampai di sana, Septrina mengatakan pada 2022 ini Jarkeen miliknya bakal merilis produk kecantikan baru minimal satu bulan sekali. Sehingga mengharapkan akan ada banyak varian skin care yang bisa dinikmati pelanggannya.

Salah satu produk yang baru saja diluncurkan adalah Watermelon Ceramide Dew Drops yang dirilis pada 25 Desember 2021. Produk ini adalah 3 in 1 staterpack multirole essential (Pre serum, serum,Moisturizer) yang di formulasikan dengan aktif hydration pilihan. Yaitu kombinasi watermelon extract ceramide,hyaluronic acid yang membantu mengembalikan kadar air di dalam skin barrier, agar tetap segar, pumply dan niacinamide yang sekaligus mampu mencerahkan kulit.

Beberapa kelebihan produk ini adalah waterbank (hydrating), glow instanly, 3 in 1 staterpack multirole essential (Pre serum, serum, moisturizer), mencerahkan kulit, membantu mengurangi hiperpigmentasi/dark spot, membuat kulit tampak lebih kenyal, membantu mengecilkan pori-pori, dan membantu menguatkan skin barrier.

Ia juga berharap pandemi Covid-19 bisa segera berakhir sehingga perekonomian di dalam negeri bisa kembali stabil dan banyak pengusaha-pengusaha yang bisa membuka lapangan pekerjaan lebih besar. (K34)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Skincare
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top