Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kelima Kalinya, Jasa Medivest Raih Proper Biru

Selama 15 Tahun berkiprah selaku perusahaan pengelola limbah B3 infeksius yang ramah lingkungan di Indonesia, dan dua tahun terakhir aktif memusnahkan limbah Covid-19, PROPER BIRU merupakan wujud apresiasi Pemerintah Pusat pada Jasa Medivest.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  14:05 WIB
Pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) infeksius PT Jasa Medivest
Pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) infeksius PT Jasa Medivest

Bisnis.com, BANDUNG -- PT Jasa Medivest pionir pengelolaan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) infeksius berhasil meraih Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) dengan peringkat Biru.

Peringkat dalam sub sektor Pengolahan dan Pengangkut Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Selama 15 Tahun berkiprah selaku perusahaan pengelola limbah B3 infeksius yang ramah lingkungan di Indonesia, dan dua tahun terakhir aktif memusnahkan limbah Covid-19, Proper Biru merupakan wujud apresiasi Pemerintah Pusat pada Jasa Medivest.

Direktur Utama PT Jasa Medivest Olivia Allan mengatakan ini merupakan penghargaan atas komitmen ketaatan lingkungan PT Jasa Medivest Ke-5 kalinya Sebelumnya Proper Biru diraih pada periode 2011-2012, 2012-2013, 2013-2014, 2014-2015 dan saat ini 2020-2021.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor SK.1307/MENLHK/SETJEN/KUM.1/12/2021 tentang hasil penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup Tahun 2020-2021.

Olivia Allan mengatakan PT Jasa Medivest terus mengedepankan komitmen ramah lingkungan dalam upaya pengelolaan limbah B3 Infeksius melalui pengangkutan dan pengolahan limbahnya yang mumpuni di Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Barat.

“Terima Kasih atas Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) berupa Peringkat Biru yang diberikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia untuk Jasa Medivest," katanya, Kamis (30/12/2021).

Penghargaan ini akan menjadi motivasi pihaknya untuk terus bergiat, menjadi pelaku usaha jasa pengelolaan limbah B3 Infeksius yang taat regulasi, dengan tetap berfokus pada upaya pelestarian lingkungan.

Tahun 2022, Jasa Medivest akan terus menggenjot pengembangan usaha pengelolaan limbah secara terpadu, melalui percepatan pembangunan dua mesin incinerator yang dilengkapi air pollution control dan teknologi yang ramah lingkungan.

"Masing-masing mesinnya akan berkemampuan untuk memusnahkan load limbah medis padat 500 kg/jam, sehingga kelak, plant Jasa Medivest di Dawuan, Cikampek, Kabupaten Karawang semakin optimal memusnahkan limbah B3 Infeksius sebanyak 48 ton per hari," ujarnya.

Berdasarkan data rekapitulasi load limbah Periode Januari s.d November 2021, total load limbah B3 Infeksius yang dikelola PT Jasa Medivest mencapai 5.900 ton. "Rata-rata pemusnahan per bulannya mencapai 20 ton per hari," ujarnya.

Proper 2021 resmi adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Adapun tema yang diusung,“Proper: Inovasi Sosial untuk Indonesia Maju”. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang konsisten menyelenggarakan Proper setiap tahunnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar menuturkan bahwa berlandaskan data evaluasi Kementerian Lingungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang dilakukan terhadap 2.538 perusahaan, maka tingkat ketaatan perusahaan terhadap peraturan lingkungan hidup mencapai 75%.

645 perusahaan berkategori proper merah, 1.670 perusahaan berkategori proper biru, 186 perusahaan berkategori proper hijau dan 47 perusahaan berkategori proper emas.

“Teknik, metode, orientasi dan segala upaya terus di-eksplorasi oleh Dewan Pertimbangan Profer dengan scientific based dan evidence based untuk kinerja lingkungan, jadi secara teoritik dan empirik,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Limbah B3 BUMD Jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top