Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabupaten Cirebon Memulai Vaksinasi Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Jumlah anak usia 6 sampai 11 tahun yang menjadi target dalam program tersebut sebanyak 207.852.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 27 Desember 2021  |  12:45 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon belum lama ini memulai penyuntikan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Hal tersebut dilakukan untuk mempercepat cakupan tersebut segera tuntas.

Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 perdana dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kebarepan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Sabtu (25/12/2021).

Ia menambahkan, penyuntikan tersebut sesuai Instruksi dari pemerintah pusat dan Kabupaten Cirebon saat ini sudah berada di level 1 pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Jawa-Bali.

"Jumlah anak usia sampai 6 sampai tahun yang sudah divaksin 230 anak. Sehingga dibutuhkan peran semua pihak agar capaian vaksinasi tercapai," kata wakil bupati yang akrab disapa Ayu di Kabupaten Cirebon, Senin (27/12/2021).

Ayu mengatakan, jumlah anak usia 6 sampai 11 tahun yang menjadi target dalam program tersebut sebanyak 207.852. Program itu akan berjalan optimal setelah pertemuan tatap muka (PTM).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Bambang Sumardi mengatakan berdasarkan aturan dari Kementerian Kesehatan bahwa vaksinasi untuk anak bisa dilaksanakan setelah cakupan di atas 70 persen dosis pertama dan lansia 60 persen.

Bambang menjelaskan, banyak kendala yang dihadapi dalam capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon. Akan tetapi berkat kerjasama berbagai pihak semuanya berjalan dengan lancar.

"Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama TNI-POLRI terus melakukan pendekatan sosial kepada masyarakat agar mereka mau divaksin," katanya.

Pemerintah secara resmi melaksanakan kick off vaksinasi Covid-190 untuk anak usia 6-11 tahun pada Selasa, 14 Desember. Pelaksanaan tersebut dilaksanakan di 3 provinsi diantaranya SDN 03 Cempaka Putih, SDN 01 Depok, dan SDN 03 Rawa Buntu.

Kemenkes mencatat hingga kini ada sekitar 8,9 juta jiwa dari 115 kabupaten/kota di 19 provinsi yang telah memenuhi kriteria tersebut, yakni Bali, Banten, Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top