Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BLU-PIP Gandeng Bisnis Indonesia Sosialisasikan Program UMi

Workshop penulisan tersebut sekaligus bentuk upaya peningkatan literasi masyarakat terkait dengan program yang dimiliki oleh Pemerintah, salah satunya adalah pembiayaan UMi agar semakin dikenal luas oleh masyarakat sehingga semakin banyak pelaku usaha mikro yang terbantu dalam pemenuhan modal usaha.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 16 Desember 2021  |  19:13 WIB
BLU-PIP Gandeng Bisnis Indonesia Sosialisasikan Program UMi
Direktur Pengelolaan Aset Piutang BLU-PIP Mohd Zeki Arifudin membuka workshop menulis bagi mahasiswa dan masyarakat umum yang diselenggarakan secara hybrid di Kalpa Tree Caf Bandung pada Kamis, (16/12 - 2021).
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah (BLU-PIP) menggelar sosialisasi pembiayaan ultra mikro (UMI) bekerja sama dengan Bisnis Indonesia melalui workshop menulis bagi mahasiswa dan masyarakat umum yang diselenggarakan secara hybrid di Kalpa Tree Café Bandung, Kamis (16/12/2021).

Workshop penulisan tersebut sekaligus bentuk upaya peningkatan literasi masyarakat terkait dengan program yang dimiliki oleh Pemerintah, salah satunya adalah pembiayaan UMi agar semakin dikenal luas oleh masyarakat sehingga semakin banyak pelaku usaha mikro yang terbantu dalam pemenuhan modal usaha.

Direktur Pengelolaan Aset Piutang BLU-PIP Mohd Zeki Arifudin membuka kegiatan tersebut dan dilanjutkan dengan sosialisasi serta edukasi terkait dengan pembiayaan UMi yang disampaikan oleh Adhita Surya Permana selaku Kepala Divisi Sistem Informasi dan Teknologi BLU-PIP.

Kepala Divisi Sistem Informasi dan Teknologi BLU-PIP Adhita Surya Permana

“Di samping memberikan pembiayaan UMi, BLU-PIP juga melakukan pemberdayaan usaha bagi para debitur. Beberapa diantaranya dengan memberikan pelatihan dan pendampingan branding, packaging, dan online marketing. Selain itu, BLU-PIP juga menyediakan lokasi usaha dan pemasaran melalui Rumah UMi di Ternate,” papar Adhita Surya Permana.

Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan workshop menulis yang disampaikan Wakil Pemimpin Redaksi Bisnis Indonesia Rahayuningsih mengenai penyampaian ide melalui tulisan.

Rahayu menjelaskan dalam proses menulis, penentuan angle sangat diperlukan agar para pembaca dapat dengan mudah menemukan benang merah dari tulisan yang dibuat tersebut.

“Kita semua disini sama-sama mendengarkan penjelasan mengenai UMi, namun angle yang dipilih dari setiap penulis tentu berbeda. Misalnya, ada yang menulis dari sisi kelebihan UMi dengan program pemerintah lainnya atau dari segi mekanisme pembiayaan yang diberikan, dan masih banyak lainnya. Semua pasti berbeda,” tutup Rahayu.

Kegiatan workshop berikutnya dilanjutkan mengenai teknik menulis feature yang menarik yang disampaikan oleh Diena Lestari selaku Redaktur Pelaksana Bisnis Indonesia.

“Ciri khas dari feature sendiri terletak pada gaya bahasa yang digunakan, yaitu menggunakan gaya bahasa sastra dan diceritakan dengan cara bertutur namun tetap berpedoman dengan fakta,” jelas Diena Lestari.

Sebagai penutup dari kegiatan workshop, seluruh peserta yang hadir diberikan tantangan untuk membuat sebuah tulisan secara langsung terkait dengan pembiayaan UMi dan keseruan dari kegiatan sosialisasi serta workshop yang telah dilakukan.

Kegiatan tersebut sekaligus pembuka dari “PIP UMi Writing Competition 2022” dengan tema “Peran PIP UMi dalam Pemberdayaan UMKM” dengan subtema “Pembiayaan UMi: Bangkitkan UMKM Indonesia” dan “Local Hero: Mengangkat sosok pebisnis lokal yang tumbuh melalui pendampingan UMi.” Peserta “PIP UMi Writing Competition 2022” dapat diikuti oleh jurnalis dan umum dengan periode lomba sejak 3 Januari 2022 – 3 Februari 2022.

Sebagai tambahan informasi, PIP merupakan BLU di bawah Ditjen Perbendaharaan, Kementerian Keuangan yang bertugas menyalurkan dana bergulir untuk pembiayaan usaha bagi para pelaku usaha ultra mikro yang belum dapat dijangkau oleh perbankan melalui pembiayaan UMi yang disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dengan besaran plafon maksimal Rp20 juta rupiah per debitur dengan jangka waktu maksimal 3 tahun.

Sejak digulirkan tahun 2017 hingga 15 Desember 2021, secara kumulatif pembiayaan UMi telah melayani 5,37 juta pelaku usaha ultra mikro dengan nilai penyaluran lebih dari Rp17,99 triliun, menjangkau 503 kab/kota dari 514 kab/kota se-Indonesia. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pusat investasi pemerintah bisnis indonesia
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top