Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

700 Titik WiFi Gratis Kembali Hadir di Sejumlah Daerah di Jawa Barat

700 titik WiFi gratis kembali dipasang di sejumlah daerah di Jawa Barat guna menekan angka blank spot dan memberi kesempatan masyarakat untuk terkoneksi dengan Internet.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 29 November 2021  |  20:08 WIB
kolaborasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan PT Link Net Tbk. dalam penyediaan WiFi gratis. - Istimewa
kolaborasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan PT Link Net Tbk. dalam penyediaan WiFi gratis. - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - 700 titik WiFi gratis kembali dipasang di sejumlah daerah di Jawa Barat guna menekan angka blank spot dan memberi kesempatan masyarakat untuk terkoneksi dengan Internet.

WiFi gratis ini didapat berkat kolaborasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan PT Link Net Tbk. dalam program tanggung jawab sosial perusahaan.

Sekretaris Diskominfo Jabar Gilang Sailendra mengatakan dengan adanya kerja sama tersebut, akses-akses sosial yang ada di wilayah Jabar bisa memakai Internet secara gratis. Kata dia, saat ini yang sudah ada WiFi gratis terdapat di Bandung Raya, Cirebon Raya, Cikampek dan Purwakarta.

"Tadi saya lihat di lampirannya baru Bandung Raya, Cirebon Raya, Cikampek dan Purwakarta. Mudah-mudahan ke depannya bisa menjalar ke kabupaten/kota yang lainnya ini," ujar Gilang, Senin (29/11/2021).

Menurut dia tidak menutup kemungkinan pihak perusahaan swasta yang lain juga ikut membantu mendukung program ini.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa telah memiliki anggaran terkait pemasangan jaringan WiFi tersebut. Bahkan, kata dia, anggaran tersebut juga turut digunakan untuk kabupaten/kota dalam membangun hal lainnya.

"Kalau untuk Internet keseluruhan, sekitar Rp5 miliar. Tapi kita juga membantu kabupaten/kota membangun command center. Begitu juga untuk kawasan desa digital, kita juga membantu ada beberapa titik, dan alhamdulillah tahun ini sudah ada 141 desa yang dibantu untuk kawasan desa digital itu," tambahnya.

Gilang menuturkan bahwa pemeliharaan WiFi gratis tersebut akan dilakukan sepenuhnya oleh Link Net.

"Seluruhnya oleh swasta, tadi saya juga menanyakan itu. Seterusnya mereka akan fasilitasi jaringan Internetnya, bandwidth dan sebagainya," jelasnya.

Pihaknya juga menyarankan untuk adanya peran masyarakat dalam adanya WiFi gratis tersebut. Dengan itu, kata dia, masyarakat tidak hanya memakai WiFi-nya.

"Harus ada peran serta masyarakat, dalam artian, seperti contoh di Banjarmasin. Password WiFi akan muncul dengan memasukkan sampah. Nanti mungkin ada inovasi-inovasi lain yang kita ketahui bahwa Jabar itu kreatif-kreatif orangnya," ungkapnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Deputy Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk. Santiwati Basuki mengatakan bahwa WiFi gratis tersebut akan digunakan di fasilitas-fasilutas umum.

"WiFi gratis ini akan dipasangkan di fasilitas-fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti Bale RT, Bale RW, taman-taman dan juga tempat-tempat ibadah," kata Santiwati.

Menurutnya hal tersebut sudah sejalan dengan misi PT Link Net yang bisa memberikan kontribusi positif buat masyarakat demi kemajuan bersama.

"Misi kami bagaimana memajukan masyarakat bersama-sama dan kami tahu yang mana ini tidak bisa hanya satu pihak, harus dilakukan kolaborasi bersinergi, baik pemerintah, swasta, dan pihak-pihak lainnya," ujarnya.

Pihaknya mengaku bahwa kerja sama dengan Pemrov Jabar bukan hanya kali ini. Bahkan, kata dia, sudah melakukan beberapa kerja sama sejak 2014 lalu.

"Nah ini kelanjutannya, 700 WiFi ini kami berikan di beberapa kota, yaitu di Bandung, Cirebon, Cikampek, Purwakarta," katanya.

Bersamaan dengan acara serah terima simbolis ini, PT Link Net Tbk juga akan melakukan penandatangan kerja sama dengan Bank BJB untuk program DUIT (Dana Usaha dan Internet Tanpa Batas) yang nantinya ditujukkan untuk pelaku UMKM. (K34)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wifi pemprov jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top