Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dewi Manggung, Wisata Edutainment Baru di Selatan Subang

Kabupaten Subang kini memiliki objek wisata berbasis edukasi dan entertainment yaitu Dewi Manggung yang berada di Desa Rancamanggung, Kecamatan Tanjung Siang.
Penampilan pencak silat yang ada di Dewi Manggung
Penampilan pencak silat yang ada di Dewi Manggung

Bisnis.com, SUBANG – Kabupaten Subang kini memiliki objek wisata berbasis edukasi dan entertainment yaitu Dewi Manggung yang berada di Desa Rancamanggung, Kecamatan Tanjung Siang.

Bupati Subang Ruhimat atau akrab disapa Kang Jimat mengatakan wilayah Subang terbagi dalam tiga topografi. Yaitu bagian selatan yang merupakan daerah bukit dan pegununungan, daerah tengah, serta daerah pantai utara yang merupakan tergabung dalam gugusan Laut Jawa.

“Dengan topografi seperti ini, menjadikan Subang sebagai salah satu surganya objek wisata di Jawa Barat. Karena, di kami ini sudah komplit, gunungnya ada lautnya juga ada,” ujar Ruhimat, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Senin (29/11/2021).

Dewi Manggung ini merupakan sebuah singkatan dari desa wisata, dan manggung yang berarti tampil. Di lokasi wisata itu setiap harinya menampilkan pentas seni hiburan rakyat tradisional.

Seperti penampilan pencak silat, sisingaan, kuda renggong, pertunjukan seni musik daerah, prosesi panen huma dan lain sebagainya. Dengan kata lain, objek wisata ini selain bisa menghibur wisatawan juga mengedukasi tentang seni tradisional, khususnya asli Subang.

“Selain itu, dengan dibukanya Dewi Manggung ini juga merupakan tindak lanjut dari ngopi bareng Menparekraf Sandiaga Uno beberapa bulan yang lalu,” ujar Ruhimat.

Dengan adanya objek wisata Dewi Manggung ini, diharapkan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat terutama masyarakat sekitaran objek wisata.

Tak hanya itu, pihaknya juga menitipkan kepada perangkat desa untuk mempersiapkan masyarakat dalam memasuki industri pariwisata juga memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper