Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Benarkah Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo Rebutan Investasi?

Menurut Ridwan Kamil kedua daerah lebih tepat dinamakan berkompetisi menggaet investasi, hasilnya dalam Anugerah Layanan Investasi 2021 Jawa Tengah juara 1 dari sisi pelayanan dan Jabar juara 1 dari sisi realisasi investasi. 
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 26 November 2021  |  16:15 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Bisnis.com, BANDUNG — Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkompetisi menggaet investasi saat Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021, Rabu (24/11/2021) ditanggapi Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan istilah rebutan tidak tepat. Menurutnya kedua daerah lebih tepat dinamakan berkompetisi menggaet investasi, hasilnya dalam Anugerah Layanan Investasi 2021 Jawa Tengah juara 1 dari sisi pelayanan dan Jabar juara 1 dari sisi realisasi investasi. 

“Dua-duanya saling belajar, bagaimana Jabar lebih baik, bagaimana juga Jateng menyusul dari sisi realisasi, artinya kita saling mendukung,” katanya di Bandung, Jumat (26/11/2021).

Rivalitas itu tidak ada, melainkan kolaborasi. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang Ganjar Pranowo ke Jawa Barat untuk mempererat kerjasama antar daerah. 

“Hubungan antara daerah ini penting walaupun pasti dihubungkan secara politik, tapi kami mah orang kerja jadi ya, ketemu itu penting,” tuturnya.

Pihaknya memastikan dirinya bersama Ganjar tengah memajukan daerah masing-masing dengan inovasi dan kearifan lokal. Dirinya mengaku akan belajar juga terkait pelayanan investasi dari Jateng. 

“Jadi saya juga saya harus belajar ke Pak Ganjar dalam urusan pelayanannya, tapi mungkin Pak Ganjar juga harus belajar ke kami bagaimana mendapat investasi yang banyak,” tuturnya.

Pertemuan keduanya direncanakan pada Desember mendatang untuk membahas kesamaan ekonomi yang bisa saling memperkuat.

Sebelumnya, Jawa Barat tak tergoyahkan di peringkat pertama realisasi investasi di Indonesia sepanjang Januari-September 2021 dengan nilai Rp107,23 triliun. 

Realisasi ini kembali mendongkrak serapan tenaga kerja di Jawa Barat hingga 87.766 orang yang terserap dari 23.749 proyek.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi ganjar pranowo ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top