Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Benarkah Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo Rebutan Investasi?

Menurut Ridwan Kamil kedua daerah lebih tepat dinamakan berkompetisi menggaet investasi, hasilnya dalam Anugerah Layanan Investasi 2021 Jawa Tengah juara 1 dari sisi pelayanan dan Jabar juara 1 dari sisi realisasi investasi. 
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Bisnis.com, BANDUNG — Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkompetisi menggaet investasi saat Rapat Koordinasi Nasional dan Anugerah Layanan Investasi 2021, Rabu (24/11/2021) ditanggapi Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan istilah rebutan tidak tepat. Menurutnya kedua daerah lebih tepat dinamakan berkompetisi menggaet investasi, hasilnya dalam Anugerah Layanan Investasi 2021 Jawa Tengah juara 1 dari sisi pelayanan dan Jabar juara 1 dari sisi realisasi investasi. 

“Dua-duanya saling belajar, bagaimana Jabar lebih baik, bagaimana juga Jateng menyusul dari sisi realisasi, artinya kita saling mendukung,” katanya di Bandung, Jumat (26/11/2021).

Rivalitas itu tidak ada, melainkan kolaborasi. Bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan mengundang Ganjar Pranowo ke Jawa Barat untuk mempererat kerjasama antar daerah. 

“Hubungan antara daerah ini penting walaupun pasti dihubungkan secara politik, tapi kami mah orang kerja jadi ya, ketemu itu penting,” tuturnya.

Pihaknya memastikan dirinya bersama Ganjar tengah memajukan daerah masing-masing dengan inovasi dan kearifan lokal. Dirinya mengaku akan belajar juga terkait pelayanan investasi dari Jateng. 

“Jadi saya juga saya harus belajar ke Pak Ganjar dalam urusan pelayanannya, tapi mungkin Pak Ganjar juga harus belajar ke kami bagaimana mendapat investasi yang banyak,” tuturnya.

Pertemuan keduanya direncanakan pada Desember mendatang untuk membahas kesamaan ekonomi yang bisa saling memperkuat.

Sebelumnya, Jawa Barat tak tergoyahkan di peringkat pertama realisasi investasi di Indonesia sepanjang Januari-September 2021 dengan nilai Rp107,23 triliun. 

Realisasi ini kembali mendongkrak serapan tenaga kerja di Jawa Barat hingga 87.766 orang yang terserap dari 23.749 proyek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper