Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Optimasi Peran Kereta Api, Rajut Asa Pertumbuhan Ekonomi dan Pariwisata Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang menyentuh angka 50 juta jiwa, dibutuhkan tranportasi massal yang efektif dan efisien.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 14 November 2021  |  18:17 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Konektivitas moda transportasi kereta api dinilai mampu mendorong akselerasi peningkatan perekonomian di Jawa Barat. Terlebih saat ini wacana penambahan reaktivasi jalur kereta tengah digodok.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menuturkan dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang menyentuh angka 50 juta jiwa, dibutuhkan tranportasi massal yang efektif dan efisien.

Saat ini, Jawa Barat memiliki moda transportasi yang lengkap, mulai dari jalan tol, pelabuhan hingga bandara. Sehingga dengan adanya rencana perluasan reaktivasi jalur kereta diharapkan mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi secara merata.

"kita mempunyai peninggalan jalur kereta dari kolonial yang bisa kita reaktifasi untuk digunakan kembali, ini modal kita," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, belum lama ini.

Salah satu yang saat ini membuatnya bangga adalah rampungnya reaktivasi jalur kereta api Bandung-Garut.

Sementara itu, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menuturkan kereta api menjadi moda transportasi yang sangat dibutuhkan di Jabar. Pasalnya, jika melihat kembali pada sejarah, jalur kereta api melintasi daerah-daerah vital penghasil rempah-rempah dan juga destinasi wisata.

Menurut Didiek, reaktivasi bisa sangat berpengaruh dalam upaya menggenjot pariwisata di Jabar, juga memudahkan laju perekonomian kota dan daerah, karena kapasitas gerbong yang besar, juga ada konektivitas integrasi bidang lainnya, yang ujungnya berimbas pada perekonomian.

"Kami menyambut baik ajakan Gubernur Jabar, untuk membangun potensi pariwisata di Jabar, mari bersama dengan Dirjen Perkeretaapaian dan Perhubungan, mereaktifasi jalur peninggalan belanda agar dapat digunakan kembali," jelasnya.(k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai pemprov jabar
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top