Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sempat Terganggu, Sampah Kota Bandung Bisa Kembali Ditampung di TPA Sarimukti

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Dudi Prayudi menuturkan sejak Minggu (7/11/2021), armada pengangkut sampah sudah bisa membuang ke TPA Sarimukti.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Setelah sebelumnya sempat tersendat, pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) Sarimukti dipastikan akan kembali normal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Dudi Prayudi menuturkan sejak Minggu (7/11/2021), armada pengangkut sampah sudah bisa membuang ke TPA Sarimukti. Dia berharap hal tersebut berlangsung seterusnya agar tidak kembali ada kendala penumpukan sampah.

"Saat ini sudah menuju normal, kita angkut sampah-sampah yang tertahan di TPS," kata Dudi di Bandung, Senin (8/11/2021).

Menurutnya pada beberapa hari lalu, ada sebanyak 57 truk pengangkut sampah yang tertahan di Kota Bandung karena TPA Sarimukti mengalami gangguan operasional.

Hal itu pun menyebabkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) menampung lebih banyak sampah karena tidak bisa diangkut ke TPA Sarimukti.

"Ya yang jelas ada dampak ya, sampah-sampah yang di TPS belum bisa diangkut. Kemarin ada 57 truk sih, hari Jumat kemarin," katanya.

TPA Sarimukti mengalami gangguan itu karena kekurangan pasokan BBM untuk operasional alat berat. Selain Kota Bandung, daerah lainnya di Bandung Raya pun mengalami kendala yang sama.

Selain hambatan di TPA, menurut Dudi, armada pengangkut sampah juga mengalami kendala dalam perjalanan menuju lokasi TPA.

Pasalnya akses jalan menuju TPA di kawasan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, sedang ada perbaikan jalan. Sehingga arus lalu lintas pun kerap tersendat di kawasan tersebut.

"Belum lagi ditambah kondisi tiap hari hujan, juga hujan di TPA Sarimukti," katanya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper