Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cakupan Vaksinasi Kabupaten Cirebon Masih Rendah, Lansia Baru 15,61 Persen

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Kabupaten Cirebon, cakupan vaksinasi sebanyak 40,59 persen atau 723.723 dosis.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 27 Oktober 2021  |  13:59 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON - Cakupan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon masih rendah sehingga akan menyulitkan wilayah ini untuk turun ke level 2 maupun level 1.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Kabupaten Cirebon, cakupan vaksinasi sebanyak 40,59 persen atau 723.723 dosis.

Sementara, untuk cakupan vaksinasi masyarakat kelompok lanjut usia (lansia) baru 15,61 persen atau 278.391 dosis.

Sebagai syarat agar daerah bisa turun level PPKM yakni, angka kematian akibat kasus Covid-19 menurun, bed occupancy rate (BOR) berkurang, rendahnya kasus aktif Covid-19, serta capaian vaksinasi.

Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih mengatakan tiga syarat turun level sudah mampu dipenuhi. Sementara, untuk capaian vaksinasi di Kabupaten Cirebon masih di bawah standar untuk bertengger di level 2 belum dicapai.

Salah satu syarat untuk capain vaksinasi, kata Wakil Bupati Cirebon, yakni harus di atas 50 persen dan 40 persen bagi masyarakat kelompok masyarakat lansia.

"Semuanya masih di bawah 50 persen, untuk lansia juga masih diangka 15 persen. Ini artinya, butuh kerja keras semua pihak, apalagi dalam waktu dekat bakal dilaksanakan pilwu serentak di 135 desa," kata Wahyu di Kabupaten Cirebon, Rabu (27/10/2021).

Wakil bupati yang akrab Ayu ini juga menyebutkan, belum tercapainya angka tersebut lantaran masih terjadi keterlambatan input data vaksinasi sementara.

Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, kata Ayu, bakal mempercepat vaksinasi Covid-19 untuk lansia dan juga masyarakat umum lainnya. Sehingga nantinya, kekebalan kelompok (herd immunity) bisa terbentuk dengan cepat.

"Harus bisa dalam waktu dekat, kami yakin pasti bisa kalau semua mampu bekerjasama. Pelaksanaan vaksinasi juga kami dibantu TNI-Polri," katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top