Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Bendung Cikalong, Kapasitas Air Baku SPAM Bandung Selatan Bakal Ditingkatkan

SPAM Regional Bandung Selatan ini mulai tahun 2021 akan dilakukan peningkatan kapasitas air baku melalui pembangunan Bendung Cikalong.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDUNG — Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) Regional Bandung Selatan direncanakan mendapatkan peningkatan kapasitas air baku pada 2021 ini.

Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Jawa Barat Boy Iman Nugraha mengatakan kepastian ini hadir setelah pihaknya menerima kunjungan kerja Direktorat Air Minum Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, BPPW Jawa Barat dan BBWS Citarum untuk membahas evaluasi Program Sistem Penyediaan Air Minum Regional Bandung Raya khususnya wilayah Selatan pekan lalu.

“SPAM Regional Bandung Selatan ini mulai tahun 2021 akan dilakukan peningkatan kapasitas air baku melalui pembangunan Bendung Cikalong,” katanya dalam keterangan yang dikutip Senin (11/10/2021).

Menurutnya pembangunan bendung tersebut akan dilaksanakan oleh BBWS Citarum dan Instalasi Pengolahan Air oleh Dirjen Cipta Karya.

Terkait rencana tersebut menurutnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengamanatkan agar Pemerintahan Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintahan Daerah Kabupaten Bandung dan Kota Bandung, khususnya BUMD Pengelola Air Minum dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk sukses SPAM Regional Bandung Selatan.

“Peningkatan kapasitas ini akan bermanfaat bagi sekitar 140.000 jiwa masyarakat di Kota Bandung dan Kabupaten Bandung,” katanya.

Sebelumnya, Tim KPBU SPAM Jawa Barat yang difasilitasi oleh Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR juga telah melaksanakan Capacity Building KPBU Unsolicited pada proyek SPAM Regional Bandung Barat-1 (SPAM Sinumbra).

Kegiatan ini meliputi onclass dan kunjungan lapangan ke 3 lokasi sumber air baku di kawasan Sinumbra, lokasi intake dan Instalasi Pengolahan Air. Acara CB yg menghadirkan narasumber dari LKPP, DJPI dan PT. PII diikuti oleh peserta utusan dari Simpul KPBU, Tim KPBU SPAM, BPPW Jabar, BBWS Citarum, Direktorat Air Minum Dirjen CK Kementerian PUPR, dan Panitia Lelang KPBU SPAM Sinumbra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper