Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tekan Eskalasi di Klaster Pekerja, 2.000 Pekerja Ritel Dapat Safety Kit

BPJAMSOSTEK menyalurkan bantuan 2.000 paket safety kit kepada pekerja ritel di Kota Bandung, yang merupakan bagian dari program promotif preventif yang setiap tahun dilakukan oleh BPJAMSOSTEK.
Penyerahan bantuan 2.000 paket safety kit kepada pekerja ritel di Kota Bandung
Penyerahan bantuan 2.000 paket safety kit kepada pekerja ritel di Kota Bandung

Bisnis.com, BANDUNG - BPJAMSOSTEK menyalurkan bantuan 2.000 paket safety kit kepada pekerja ritel di Kota Bandung. Bantuan tersebut diwakili oleh Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) DPD Jawa Barat.

"Kami di BPJAMSOSTEK mendukung kegiatan ini, karena ini juga bagian penting bagi kami untuk mendukung para pekerja. Karena kita melihat selama ini sektor retail, merupakan sektor yang penting, dan sektor ini tereskpos risiko yang tinggi,” ucap Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo, Kamis (15/7/2021).

Anggoro menambahkan pemberian bantuan tersebut merupakan bagian dari program promotif preventif yang setiap tahun dilakukan oleh BPJAMSOSTEK.

Program ini awalnya ditujukan untuk meminimalisir angka kecelakaan kerja, namun dengan kondisi pandemi yang berkepanjangan, BPJAMSOSTEK melakukan penyesuaian dengan lebih memfokuskan pelaksanaan program dalam bentuk bantuan penanggulangan Covid-19 di lingkungan pekerja.

Adapun selama tahun 2021, secara nasional BPJAMSOSTEK menggelontorkan anggaran sebesar Rp10,6 miliar dalam bentuk 123.000 multivitamin, 6.858 APD, 619.000 masker, serta 100.000 bahan pangan bergizi yang didistribusikan melalui Kantor Wilayah dan Kantor Cabang BPJAMSOSTEK di seluruh Indonesia.

Selain itu bantuan promotif preventif juga diberikan dalam bentuk pelatihan ahli K3, APD untuk jasa konstruksi, helm motor serta pemasangan poster terkait K3 di beberapa tempat.

Sebelumnya, BPJAMSOSTEK bersama Menteri Ketenagakerjaan juga memberikan santunan Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) kepada ahli waris dari 2 karyawan PT Bio Farma (Persero) yang meninggal dunia. Selain itu anak dari masing-masing peserta juga mendapatkan manfaat beasiswa dari BPJAMSOSTEK, sehingga total santuan yang diberikan adalah sebesar Rp425 juta.

Anggoro mengatakan bahwa ini merupakan bukti dari manfaat perlindungan yang diberikan oleh BPJAMSOSTEK kepada pekerja dan keluarganya. Oleh karena itu dirinya juga mengajak seluruh pekerja yang belum memiliki perlindungan jaminan sosial untuk segera mendaftarkan diri menjadi peserta BPJAMSOSTEK.

“Apa yang kita lakukan pada hari ini merupakan bukti bahwa negara hadir melalui BPJAMSOSTEK untuk memberikan perlindungan kepada pekerja dan sekaligus kami juga ingin membangkitkan optimisme dalam menghadapi kondisi yang berat ini,” tutup Anggoro. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper