Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DAHANA Turut Andil Dalam Proyek Pembangunan PLTA Batang Toru

DAHANA mendapat kepercayaan dari Sinohydro Company Ltd sebagai support explosive yang bertugas untuk membangun terowongan sepanjang 12,5 KM untuk kebutuhan PLTA terbesar di Sumatra dengan kapasitas 4×127,5 MW itu.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 13 Juli 2021  |  19:35 WIB
Tim DAHANA sebagai support explosive yang bertugas untuk membangun terowongan sepanjang 12,5 KM untuk kebutuhan PLTA Batang Toru - Istimewa
Tim DAHANA sebagai support explosive yang bertugas untuk membangun terowongan sepanjang 12,5 KM untuk kebutuhan PLTA Batang Toru - Istimewa

Bisnis.com, SUBANG – PT DAHANA (Persero) turut terlibat dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara.

Salah satu keterlibatan perusahaan BUMN Industri Pertahanan yang bergerak di bidang bahan berenergi tinggi itu, yakni pembuatan terowongan air kebutuhan pembangkut listrik.

General Manager Divisi Kuari dan Konstruksi PT DAHANA (Persero) Setio Budhianto menuturkan perusahaannya mendapat kepercayaan dari Sinohydro Company Ltd sebagai support explosive yang bertugas untuk membangun terowongan sepanjang 12,5 KM untuk kebutuhan PLTA terbesar di Sumatra dengan kapasitas 4×127,5 MW itu.

“Untuk pekerjaan tersebut, DAHANA mendukung kegiatan peledakan dengan 4 tim peledakan di beberapa face tunnel. Proyek yang dikerjakan saat ini merupakan salah satu tunnel terpanjang dan terbesar dengan diameter tunnel 12 meter dan panjang tunnel 12.5 KM,” ujar Budhianto dalam rilis yang diterima Bisnis.com, Selasa (13/07/21).

Budhianto menjelaskan, tim DAHANA yang diterjukan dalam proyek tersebut sebanyak 21 personel yang terbagi dalam tiga tim. Adapun dalam proyek tunnelling ini, tim DAHANA menggunakan bahan peledak Dayagel Extra, Detonator Non Electric Long Periode serta Detonating Cord.

“Karena pekerjaan berlangsung secara nonstop, kami melakukan pengaturan manpower yang efektif saat bekerja,” jelas dia.

Dia juga berharap proses pembangunan PLTA Batang Toru dapat berjalan dengan lancar hingga hasilnya dapat segera dinikmati oleh masyarakat. Dalam hal ini, pihaknya pun berpesan kepada tim yang terlibat dalam proyek tersebut untuk memaksimalkan upaya keselamatan saat bekerja.

“Kami juga berharap, DAHANA dapat menyelesaikan 12,5 KM proyek tunnelling dengan zero accident,” kata dia.

Sementara itu di tempat terpisah, Direktur Operasi DAHANA Bambang Agung optimistis kinerja perusahaan di sektor konstruksi ini. Menurutnya, PT DAHANA (Persero) memiliki prospek yang sangat terbuka meski keadaan saat ini masih diliputi pandemi Covid-19.

“Selain PLTA Batang Toru, DAHANA juga sedang bersiap untuk menghadapi geliat proyek konstruksi seperti Tol Probowangi di Jawa Timur, Tol Sigli di Aceh, Bendungan Cipanas Sumedang, dan beberapa proyek konstruksi lainnya,” ujarnya singkat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt dahana
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top