Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

60 Penyandang Disabilitas di Kota Cirebon Penuhi Syarat Vaksinasi Covid-19

Kepala Bidang Sosial DSPPPA Kota Cirebon Aria Dipahandi mengatakan jumlah penyandang disabilitas di Kota Cirebon yang tercatat sebanyak 525, namun hanya 60 orang dinyatakan memenuhi syarat.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  13:03 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon mencatat sebanyak 60 penyandang disabilitas di Kota Cirebon memenuhi persyaratan untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Kepala Bidang Sosial DSPPPA Kota Cirebon Aria Dipahandi mengatakan jumlah penyandang disabilitas di Kota Cirebon yang tercatat sebanyak 525, namun hanya 60 orang dinyatakan memenuhi syarat.

"Sebanyak 60 orang di antaranya memenuhi persyaratan dari segi usia dan persyaratan lainnya, dan baru 17 orang yang bersedia divaksin, data ini kemungkinan akan berubah, mudah-mudahan terus bertambah,” kata Aria di Kota Cirebon, Minggu (6/6/2021).

Aria mengatakan, untuk vaksinasi Covid-19 bagi penyandang disabilitas, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes).Pelaksanaannya pun bakal dilakukan dalam waktu dekat.

Pendamping Disabilitas DSPPPA Kota Cirebon Nakiah Dimitri Kertanegara mengatakan dari total 525 penyandang disabilitas, berumur 9 tahun hingga 59 tahun.

Pihaknya pun mengaku sudah berkeliling mengunjungi penyandang disabilitas ini untuk menyampaikan rencana vaksinasi Covid-19.

“Hambatannya ada, misalnya penyandang disabilitas mental, mereka harus didampingi keluarga sebab sebelum divaksin ada proses screening kesehatan,” katanya.

Selain itu, hambatan lainnya banyak penyandang disabilitas yang enggan disuntikan vaksin lantaran sebelumnya mendapatkan informasi permasalahan kesehatan pascapenyuntikkan.

Meski begitu, DSPPPA Kota Cirebon terus melakukan pendekatan kepada penyandang disabilitas ini. “Kita door to door terhadap mereka dan hampir setiap hari kita lakukan,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon Covid-19
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top