Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ibadah Haji 2021 Batal, Ridwan Kamil Minta Lobi Arab Saudi Dilakukan Sekali Lagi

Ridwan Kamil mengatakan secara pribadi dirinya ikut bersedih karena sudah dua kali pihaknya tidak bisa melaksanakan haji dan umrah.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bersedih atas batalnya pemberangkatan haji dari Indonesia untuk 2021.

Ridwan Kamil mengatakan secara pribadi dirinya ikut bersedih karena sudah dua kali pihaknya tidak bisa melaksanakan haji dan umrah. Terlebih sejak tahun lalu dirinya sudah persiapan untuk menjadi Amirul Jawa Barat. 

"Saya sangat sedih," katanya dalam keterangan di Bandung, Senin (7/6/2021).

Karena ini merupakan keputusan pemerintah yang sudah dibahas secara matang, pihaknya meminta agar seluruh calon jamaah haji bersabar dan ikhlas menerima keputusan tersebut. "Karena bagaimanapun qodarullah seperti ini," katanya.

Namun, jika hal ini masih ada waktu dan kesempatan bagi pemerintah Indonesia untuk melobi pihak Arab Saudi, pihaknya minta kesempatan ini dimaksimalkan. "Kalau masih ada waktu dan kesempatan saya memohon Pemerintah Pusat cobalah sekali lagi melobi, kira-kira begitu," tuturnya.

Permintaan lobi ini dinilai Ridwan Kamil memungkinkan karena Pemerintah Saudi merupakan sahabat Bangsa Indonesia. "Selama kita bisa menyakinkan protokol kesehatan, terseleksi, sudah divaksin, di tes PCR dan lain-lain, saya kira bisa lah sekian persen yang diberangkatkan jangan nol sama sekali," katanya.

Karena itu dia berharap ikhtiar diplomatik ini masih memungkinkan agar sebagian calon jamaah haji bisa berangkat dari Tanah Air. "Sebelum betul-betul final bahwa dari Arab Saudi menolak, tapi saya berdoa harapan itu masih terbuka," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper