Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sumedang Jadi Pilot Project Desa Cantik

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan Desa Cantik merupakan salah satu program andalan BPS Pusat dan Sumedang menjadi salah satu piloting-nya.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 24 Mei 2021  |  14:02 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, SUMEDANG - Kabupaten Sumedang dijadikan sebagai proyek percontohan Desa Cinta Statistik (Cantik) dari Badan Pusat Stastik (BPS). Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan dipilih sebagai role model.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan Desa Cantik merupakan salah satu program andalan BPS Pusat dan Sumedang menjadi salah satu piloting-nya.

Menurutnya, banyak keuntungan yang didapat jika program Desa Cantik berjalan baik.

"Yang penting kan manfaatnya, jadi kepala desa bisa membuat keputusan itu by data, bukan by feeling," kata Herman, Senin (24/5/2021).

Sekda menargetkan tahun ini Pemkab Sumedang akan mereplikasi semua desa di Kabupaten Sumedang. Sehingga semua desa memiliki data statistik yang bagus dan versinya sudah digital.

"Sumedang menjadi salah satu piloting-nya, insyaAllah Kepala BPS atau deputinya dalam waktu dekat ini akan ke Sumedang," kata Herman.

Herman mengatakan pihaknya bakal mendorong Pemerintah Desa Sukajaya menjadi desa yang berbasis statistik. Desa tersebut pun memiliki data lengka sebagai untuk mengambil keputusan di tingkat desa.

Nantinya, Desa Cantik bakal dikolaborasikan dengan program-program dari Kementerian Desa, seperti IDM (Indeks Desa Membangun), dan Kementrian Dalam Negeri yakni Prodeskel.

"Jadi statistik dari berbagai sektor itu diintegrasikan dalam bentuk Desa Cantik," katanya.

Program Desa Cantik ini merupakan bentuk tanggung jawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam UU No. 16 Tahun 1997 tentang statistik.

Program Desa Cantik ini sejalan dengan semangat satu data Indonesia yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan.

Melalui program Desa Cantik ini diharapkan nantinya sistem informasi desa berbasis masyarakat dapat dioptimalkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top