Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kota Cirebon Bakal Laksanakan Salat Idulfitri Berjemaah

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021, salat id bisa dilaksanakan baik di masjid maupun lapangan, kecuali satu daerah tersebut terjadi peningkatan kasus Covid-19.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 05 Mei 2021  |  12:31 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, CIREBON - Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintahan Kota Cirebon Sutisna menyebutkan Kota Cirebon bakal melaksanakan kembali salat id berjemaah pada Hari Raya Idulfitri tahun ini.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021, salat id bisa dilaksanakan baik di masjid maupun lapangan, kecuali satu daerah tersebut terjadi peningkatan kasus Covid-19.

"Dari 1.379 RT di Kota Cirebon, mayoritas zona hijau dan kuning. Kondisi hari ini hanya ada satu RT yang statusnya zona oranye," kata Sutisna di Kota Cirebon, Rabu (5/5/2021).

Sutisna mengatakan, Kota Cirebon optimis seluruh masjid bisa melaksanakan salat berjemaah tersebut. Alun-alun Kejaksaan yang baru diresmikan bakal digunakan salat berjemaah.

Pelaksanaan salat tersebut bisa dilakukan di dalam masjid atau pun lapangan, dengan tetap menerapkan standar protokol kesehatan pencegahan Covid-19, di antaranya harus menjaga jarak dan membawa sajadah masing-masing.

“Jemaah harus memakai masker, membawa sajadah sendiri, intinya sesuai protokol kesehatan, menghindari kerumunan dan jaga jarak,” katanya.

Ketua At-Taqwa Center Ahmad Yani mengatakan teknis untuk pelaksanaan salat id sudah disiapkan sesuai kesepakatan dengan pemerintah daerah, yakni dibatas menggunakan tali plastik.

Nantinya, kata Yani, remaja masjid At-taqwa sebanyak 50 orang bakal bertugas untuk ditempatkan di pos-pos yang ada di sekitar Alun-alun Kejaksan serta halaman masjid.

“Kami bagikan masker bagi yang belum memakai, dan menyemprotkan hand sanitizer," kata Ahmad.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top