Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengawasan Objek Wisata Kabupaten Cirebon Diperketat Selama Libur Lebaran

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh Polresta Cirebon, banyak rumah makan yang menjadi pilihan warga di dalamnya mengabaikan protokol kesehatan, terutama melebihi kapasitas 50 persen.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 05 Mei 2021  |  12:23 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon meningkatkan pengamanan di kawasan objek wisata pada libur Hari Raya Idulfitri 1442 H.

Kapolresta Cirebon Kombes Pol M Syahduddi menyebutkan objek wisata di Kabupaten Cirebon meliputi pula rumah makan dan pusat perbelanjaan. Saat ini, sudah diimbau untuk membatasi kapasitas.

Hal tersebut sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 9 Tahun 2021 tentang perpanjangan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

"Pokoknya harus 50 persen kapasitasnya, kami bekerja sesuai pedoman," kata Syahduddi di Kabupaten Cirebon, Rabu (5/5/2021).

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh Polresta Cirebon, banyak rumah makan yang menjadi pilihan warga di dalamnya mengabaikan protokol kesehatan, terutama melebihi kapasitas 50 persen.

Syahduddi mengatakan, kalau dibiarkan seluruh masyarakat di Kabupaten Cirebon bakal dibuat repot dengan peningkatan jumlah kasus, bahkan lebih parahnya sampai peningkatan kematian akibat Covid-19.

"Kalau nanti terjadi kerumunan, kita akan menghadapi apa yang dikhawatirkan selama ini. Kalau tidak tegas, maka pada akhirnya akan repot," kata Syahduddi.

Syahduddi menyebutkan, sejumlah antisipasi perlu dilakukan. Beberapa pergerakan masyarakat menjelang Hari Raya Idulfitri, berpotensi menjadi penambahan kasus Covid-19.

"Meskipun saat ini kurva penanganan Covid-19 dilihat mengalami penurunan, Potensi kerumunan masyarakat pada bulan puasa ini tetap terjadi," kata Syahduddi.

Selama masa libur lebaran tahun ini, sebanyak 2.400 personel gabungan dari TNI-Polri dan pemerintah daerah, diterjunkan untuk melakukan pengawasan kepada masyarakat, termasuk kepada pemudik.

Sembilan titik penyekatan di Dukuhpuntang, Palimanan, Rawagatel, Losari, Ciperna, Kanci, Ciwaringin, Weru, dan Gerbang Tol (GT) Palimanan, disiapkan untuk menghalau pemudik.(K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top